Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Damai Merebut Lajur Sepeda di BKT

Kompas.com - 06/12/2012, 22:31 WIB
Tjahja Gunawan Diredja

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai tindak lanjut kampanye damai untuk mengembalikan Lajur Sepeda di Banjir Kanal Timur (BKT) pada tanggal 5 Oktober 2012 lalu, komunitas pesepeda ke tempat kerja atau Bike to Work (B2W) Indonesia kembali melakukan kampanye aksi damai pada hari Jumat (7/12/2012).

Menurut Ketua Umum B2W Indonesia Toto Sugito, di Jakarta, Kamis (6/12/2012), kegiatan itu dilakukan untuk menunjukkan fungsi sesungguhnya dari lajur sepeda di BKT yang sampai saat ini digunakan oleh kendaraan bermotor.

"Bahkan para pesepeda sendiri sampai harus mengalah karena seluruh lajur sepeda tersebut terpenuhi oleh kendaraan bermotor," kata Toto. Kali ini B2W Indonesia mengajak seluruh pesepeda dan komunitas sepeda lainnya untuk bergabung memperjuangkan hak pesepeda sesuai UU No 22 Tahun 2009.

"Lajur sepeda di BKT yang jelas diperuntukkan bagi pesepeda, tetapi kenyataannya digunakan oleh kendaraan bermotor tanpa dukungan penegakan hukum dari Pemerintah," kata Toto Sugito.

Kampanye damai ini, akan didukung dan diikuti oleh Duta Besar Norwegia , Mr. Stig Traavik dan Duta Besar Denmark , Mr.Martin Bille Hermann, dimana kedua negara Eropa tersebut adalah salah dua negara yang sangat mendukung Green Lifestyle yang telah nyata dalam keseharian masyarakatnya.

"Diharapkan partisipasi kedua Dubes tersebut dapat mendukung advokasi kepada pemerintah bagi Hak Pesepeda dan gerakan hijau," ujar Toto.

Acara Kampanye Damai tersebut akan dilaksanakan pada hari Jumat, 7 Desember 2012, pukul 6.30 WIB. Sedangkan titik kumpulnya di MC.Donald - Jl. Raden Inten - Duren Sawit, Jakarta Timur.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com