Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Antikorupsi, 500 Orang Bersihkan Tugu Yogya

Kompas.com - 09/12/2012, 12:38 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Memperingati Hari Antikorupsi Sedunia, 500 orang yang tergabung dalam Forum Pemantau Independen Pakta Integritas (FORPI) Kota Yogyakarta bersama elemen-elemen masyarakat lainnya melakukan aksi bersih-bersih sampah seputar Tugu Yogya dan titik lainya, Minggu (9/12/2012)

Acara bersih-bersih yang dimulai pukul 09.00 Wib sampai dengan pukul 10.00 Wib diberi tema "Zona Integritas untuk Yogya Istimewa". Koordinator Aksi FX. Harry Cahya mengatakan, bersih-bersih sampah di sekitar Tugu Yogya menjadi simbol untuk membersihkan Indonesia, khususnya Yogyakarta dari korupsi, serta mewujudkan Zona Integritas untuk Yogya Istimewa.

"Hari Anti korupsi jangan hanya menjadi ritual tahunan saja, tetapi harus benar-benar dijadikan momentum untuk memberantas korupsi di negara ini," kata Harry.

Harry menjelaskan, baju putih yang dipakai oleh peserta aksi juga menjadi simbol dukungan terhadap pemberantasan korupsi serta upaya-upaya pembersihan diri dari perilaku koruptif dan menyadarkan kepada orang tua akan pentingnya pendidikan anti korupsi kepada anak-anak sejak dini. "Kami berharap kasus-kasus besar yang belum tuntas bisa segera dituntaskan, seperti kasus Hambalang dan Century. Yogya yang istimewa harus tetap istimewa dengan pejabatnya yang bersih dari korupsi," tegasnya lagi.

Usai melakukan orasi singkat tentang antikorupsi, pukul 10.15 Wib peserta aksi membubarkan diri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com