Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibantu Jokowi dan Dede, Jembatan Gantung Srengseng Dipugar

Kompas.com - 10/12/2012, 17:35 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Jembatan gantung reot Srengseng Sawah, Jagakarsa, akhirnya diperbaiki. Bantuan uang yang diterima dari Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan calon gubernur Jawa Barat Dede Yusuf menjadi modal untuk memperbaiki jembatan tali yang melintas Kali Ciliwung itu.

"Hari Sabtu dapat sumbangan dari Pak Jokowi Rp 20 juta. Kemarin, datang sumbangan juga dari Pak Dede Yusuf Rp 10 juta," kata Chalid Mawardi, Lurah Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, saat dihubungi wartawan, Senin (10/12/2012).

Ia menjelaskan, jumlah tersebut bertambah dengan adanya sumbangan sukarela dari warga sekitar. Dana yang terkumpul akan dimanfaatkan untuk memperbaiki jembatan penghubung Kampung Babon, Srengseng Sawah, dan Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Perbaikan jembatan segera dimulai, diawali dengan pembelian material pada hari ini.

"Pendataan material sudah sejak kemarin, hari ini mulai dibeli. Kami harus segera mulai karena Pak Jokowi janji mau meninjau sebulan lagi," kata Chalid.

Perbaikan jembatan yang mulai berdiri pada 1982 itu akan dikerjakan secara gotong royong oleh warga dari kedua wilayah. Bunyamin, Ketua RT 011/02 Pasir Gunung Selatan, menerangkan, seluruh sumbangan diserahkan kepada Marhusin atau Husin (42), sebagai koordinator pemugaran. Husin adalah orang yang pertama kali membangun jembatan tersebut.

"Karena itu, dia yang paling tahu bagaimana teknis renovasinya," kata Bunyamin.

Jembatan yang dipergunakan untuk menyeberangkan pelajar sekolah dari Cimanggis itu belum akan dijadikan permanen. Selain belum memungkinkan dari sisi dana, tugas pembangunan jembatan merupakan kewenangan instansi pemerintahan.

"Kami hanya memperbaiki bagian-bagian yang sudah rapuh, mengganti bambu-bambu, sling, dan pelat bekas drum aspal. Semuanya sudah semakin rapuh," kata Chalid.

Berita terkait, baca :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com