Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Kebakaran Hebat di Kapuk Muara

Kompas.com - 11/12/2012, 10:37 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Peristiwa kebakaran yang terjadi di RT 01, RT 02, dan RT 03 di RW 03 di Kapuk Utara II, Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, pada dini hari tadi, diduga berasal dari korsleting pada perangkat elektronik milik salah satu warga.

"Dugaannya berasal dari korsleting listrik di salah satu rumah. Dari situ kena pesawat televisi yang akhirnya meledak," kata Irwan, Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Utara, kepada Kompas.com, Selasa (11/12/2012) pagi.

Menurut Irwan, dari televisi yang meledak tersebut, api menyambar pada bahan yang mudah terbakar di dalam rumah milik seorang warga. Akibatnya, api meluas dan membesar yang kemudian membakar permukiman padat penduduk tersebut.

Irwan mengatakan, untuk memadamkan api, pihaknya menerjunkan 24 mobil Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) menuju ke lokasi. Kebakaran yang terjadi pada pukul 02.10 WIB itu baru bisa dipadamkan pada pukul 07.00 WIB.

Informasi sementara dari Polsek Metro Penjaringan, Jakarta Utara, api membakar lahan seluas sekitar 1,2 hektar, dengan penghuni sebanyak 500 KK yang terdiri dari 1.500 jiwa. Dua orang warga dilaporkan mengalami luka bakar dalam peristiwa tersebut, yakni Defian (23) dan Rudi (25). Kerugian material dari peristiwa kebakaran itu sendiri sampai saat ini belum dapat ditaksir.

Berita terkait, baca:

KEBAKARAN DI JAKARTA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com