Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Dilatih Tata Boga, 21 PSK Dapat Alat Masak

Kompas.com - 11/12/2012, 16:28 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Sebanyak 21 pekerja seks komersial (PSK) yang biasa beroperasi di Kota Malang, Jawa Timur, mendapat bantuan peralatan memasak dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Harapannya, setelah mendapat bantuan tersebut, mereka tidak lagi bekerja sebagai PSK.

Sebelumnya, Pemprov Jatim sudah memberikan bantuan kepada 24 PSK. "Kali ini pemberian tahap kedua. Harapan kita, diberi alat itu, ke depannya tak lagi jadi PSK," jelas Pipih Trihastutik, Kabid Sosial Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial (Disnakersos) Kota Malang, kepada Kompas.com, Selasa (11/12/2012).

Para PSK penerima bantuan tersebut biasa beroperasi dan mangkal di kawasan Pasar Besar dan Sukun Kota Malang. "Yang mangkal di beberapa warung di dua wilayah itu," katanya.

Bantuan itu, diberikan setelah ke-21 PSK mengikuti pelatihan tata boga selama dua minggu di UPT Pelatihan PSK milik Pemprov Jatim di Kabupaten Kediri. "Setelah mendapat pelatihan itu, mereka diberi peralatan memasak dengan harapan bisa mandiri membuat usaha, sehingga meninggalkan pekerjaannya sebagai PSK," terang Pipih.

Jika dinominalkan, setiap PSK mendapat bantuan senilai Rp 2,5 juta. "Ada 25 item peralatan dapur yang diberikan, di antaranya mixer, blender, kompor gas, oven, timbangan kue duduk, minyak goreng, tepung terigu, dan susu kental manis," terangnya.

Bantuan diberikan berupa barang katanya, agar bisa dimanfaatkan untuk usaha. "Kalau diberikan dalam bentuk uang dikhawatirkan digunakan untuk hal lain," jelas Pipih itu.

Pemkot Malang juga akan memberikan pelatihan kreatif kepada 60 PSK yang operasi di Kota Malang. "Nantinya, para PSK itu, akan dimonitoring setiap bulannya oleh koordinator dan pendamping yang sudah dibentuk," katanya.

Para pendamping akan terus melaporkan perkembangan para PSK, bagaimana agar peralatan masak yang diberikan tidak dijual. "Kami dampingin secara intensif," ujarnya.

Pipih menjelaskan, saat ini tercatat lebih dari 400 PSK yang beroperasi di sejumlah wilayah di Kota Malang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com