Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi, Marketeers of The Year Government 2012

Kompas.com - 13/12/2012, 11:22 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menerima penghargaan dalam acara Markplus Conference 2013, Marketing: Into Innovation and Technology di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan. Jokowi menerima penghargaan sebagai Marketeers of the Year kategori Government 2012 didampingi oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Selain Jokowi, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal menerima penghargaan sebagai Marketeers of the Year 2012. Founder and CEO Markplus, inc, sebuah perusahaan konsultan manajemen yang berbasis di Asia, Hermawan Kartajaya, mengatakan, pada tahun 2010, Jokowi juga pernah menerima penghargaan serupa saat ia masih menjabat sebagai Wali Kota Solo bersama Dahlan Iskan saat masih menjadi Direktur Utama PLN.

"Sekarang mereka berdua bertemu lagi di sini. Pak Jokowi sudah menjadi gubernur dan Pak Dahlan sudah menjadi Menteri BUMN," kata Hermawan di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (13/12/2012).

Jokowi yang menggunakan setelan batik berwarna cokelat menarik perhatian para pengunjung yang menghadiri penghargaan tersebut. Ia mengaku banyak belajar dari Hermawan mengenai permasalahan produk dan personal brand.

"Saya banyak belajar dari Pak Hermawan masalah produk, positioning, personal brand, dan promosi," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, proses marketing produk dan politik itu tidak jauh berbeda. Jokowi kemudian mencontohkan kotak-kotak sebagai branding kepemilikannya bersama Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama. Bagaimana kotak-kotak itu diferensiasi, bagaimana kotak-kotak itu bisa dikemas secara baik dan dijual ke masyarakat.

"Akhirnya, dari awal sampai akhir, saya melakukan itu. Mulai dari positioning, menggunakan kotak-kotak, diferensiasi, dan membangun personal brand, image, dan persepsi yang ada di masyarakat," kata Jokowi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com