Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

E-Audit di Pemprov DKI Jakarta Bisa Cegah Korupsi

Kompas.com - 13/12/2012, 16:38 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Provinsi DKI Jakarta menjadi wilayah pertama yang menerapkan sistem e-audit di tahun 2013. Sistem e-audit dilakukan dengan membentuk sinergi sistem informasi antara Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Pemerintah Provinsi DKI.

Melalui jaringan sistem ini pemeriksaan keuangan dapat dipantau, dianalisis, dan dievaluasi secara elektronik. Harapannya pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara yang terjadi dapat diketahui lebih dini.

Penerapan sistem ini juga diharapkan dapat mencegah korupsi dan meningkatkan pendapatan daerah. "Data yang dihimpun bersama, dapat dimanfaatkan dalam pemeriksaan secara elektronik, sehingga bisa berjalan lebih mudah, cepat, dan efektif. Sementara data itu bisa dimanfaatkan membantu menggendalikan satuan kerja untuk mencapai kijera yang lebih baik," tutur Ketua BPK Hadi Poernomo, Kamis (13/12/2012).

Sinergi data penggelolaan keuangan negara itu dapat menjadikan data tentang keuangan Pemprov DKI  jadi terbuka sebagai wujud transparansi.

Kepala perwakilan BPK RI Provinsi DKI Blucer Welington Rajagukguk mengatakan sistem ini seperti mekanisme kontrol di semua satuan kerja.

"Sistemnya sudah ada, sekarang tinggal menerapkan aplikasinya. Sebagaimana kamera pemantau, mengawasi kinerja pengguna anggaran," tutur Blucer.

Dia mengatakan, setelah Jakarta diharapkan dapat menjadi teladan bagi daerah lain. BPK, katanya, akan menjelaskan penerapan sistem kontrol online tidak akan mengganggu kinerja pemerintah daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com