Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temui Demonstran, Marzuki Alie Dicemooh

Kompas.com - 14/12/2012, 12:32 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua DPR Marzuki Alie akhirnya menemui para pengunjuk rasa dari Persatuan Perangkat Desa Indonesia dan Aliansi Desa Indonesia. Kedatangan Marzuki awalnya disambut tepukan meriah.

Marzuki sempat naik ke atas mobil pikap yang menampung perangkat sound system untuk melakukan orasi.

"Saya ucapkan terima kasih kepada perangkat desa dan PPDI yang setiap waktu mengawal Rancangan UU Perangkat Desa," kata Marzuki di hadapan sekitar 5.000 demonstran yang segera memberi tepuk tangan riuh kepadanya, Jumat (14/12/2012).

Marzuki juga menyampaikan apresiasinya terhadap pesan-pesan yang setiap hari ia terima dari perangkat desa. Namun, aplaus yang diberikan segera berubah menjadi cemoohan ketika Marzuki melanjutkan orasinya.

"Sesuai rencana, kami segera berkomitmen untuk menyelesaikan rancangan undang-undang dengan sesingkat-singkatnya," kata Marzuki yang segera disambut kor "Huuuuu!" dari peserta demo.

Cemoohan untuk Marzuki bahkan makin riuh ketika ia mengungkapkan rencana pengesahan RUU No 32/2004 tentang Perangkat Desa. "Semoga tahun 2013 sudah bisa disahkan," kata Marzuki.

Beberapa demonstran yang kesal segera melontarkan protesnya. "Kami sudah sering dibohongi Pak, bohongi saja terus!" teriak seorang demonstran.

Para demonstran lain pun tak kalah gencar meneriakkan serangkaian tuntutan, bahkan beberapa dari mereka meneriakkan "Marzuki Alie turun!" Melihat gelombang protes tersebut, Marzuki pun mencoba menenangkan massa.

"Undang-undang ini bertujuan untuk menyejahterakan rakyat desa, bukan dari PPDI atau Parade Nusantara saja," kata Marzuki.

Ia melanjutkan bahwa ia sudah mengumumkan kepada perwakilan demonstran yang menemui dirinya. Marzuki pun menekankan bahwa ia akan memperjuangkan para perangkat desa dan menyelesaikannya.

"Saya akan ajak semua fraksi dalam rapat berikutnya untuk memikirkan hal ini," kata Marzuki.

Ia lalu turun dari forum dengan mendapat pengawalan ketat dan kembali ke dalam Gedung DPR/MPR, tetapi tak bersedia memberikan tanggapannya akan demo hari ini.

Demo yang diadakan oleh PPDI dan perangkat desa ini berlangsung sejak pukul 07.00 WIB dan menimbulkan kemacetan di ruas jalan sekitar Gedung DPR/MPR.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com