Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Bakso: Isu Daging Babi Mematikan!

Kompas.com - 14/12/2012, 14:05 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso (Apmiso) Indonesia baru saja menemui Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk mengadukan nasibnya atas isu daging oplosan dalam pembuatan bakso. Atas permasalahan ini, omzet pedagang bakso menurun drastis karena turunnya minat beli masyarakat.

"Masalah ini sangat sensitif, bukan cuma kenaikan harga pokok, melainkan isu ini lebih mematikan untuk para pedagang bakso," kata Ketua Umum Apmiso Indonesia, Tri Setyo Budiman, seusai bertemu dengan Basuki, di Balaikota Jakarta, Jumat (14/12/2012).

Tri mengungkapkan, tindakan mengoplos daging babi ke dalam adonan bakso hanya dilakukan oleh segelintir oknum tak bertanggung jawab. Ia meminta masyarakat tak perlu khawatir berlebihan karena pihaknya langsung menerjunkan tim untuk melakukan pengawasan.

Saat ditanya mengenai maraknya pedagang yang menggunakan daging babi dalam adonan bakso, ia menampiknya. Berdasarkan data yang diperolehnya, bakso yang menggunakan daging oplosan hanya terjadi di wilayah Cipete, Jakarta Selatan, yang kasusnya telah ditangani aparat kepolisian. Ia menjamin, masalah ini akan segera dapat diatasi menyusul respons cepat dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Ini hanya oknum, oknum pedagang. Kami sepakat untuk ditindak agar kemudian ada efek jera. Hukumannya pidana," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Basuki menerima perwakilan Apmiso Indonesia di ruang kerjanya. Dalam pertemuan singkat dan terbuka untuk wartawan itu, Basuki berjanji akan memenuhi tuntutan para pedagang bakso tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com