Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hore...Kanal Banjir Timur Punya Taman Interaktif

Kompas.com - 16/12/2012, 09:57 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah taman dengan konsep penunjang fungsi sosial dan ekologis di Kanal Banjir Timur (KBT), Duren Sawit, Jakarta Timur, diresmikan, Minggu (16/12/2012) pagi. Taman tersebut diharapkan dapat menjadi penghubung antara Kanal Banjir Timur dengan warga sekitarnya. Dari 23,5 km total panjang KBT, taman seluas 3,9 hektare dan panjang 1,4 kilometer itu dibangun di ruas Raden Inten, Duren Sawit.

Taman itu merupakan salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) PT. United Tractors untuk menciptakan ruang terbuka hijau yang bermanfaat bagi pelestarian lingkungan dan pusat kegiatan sosial warga. Di sela-sela peresmian, Walikota Jakarta Timur, HR. Krisdianto mengungkapkan apresiasi positifnya atas pembangunan taman interaktif itu.

Meski demikian, menurut Kris, keindahan serta kegunaan taman tidak berarti tanpa adanya kerja sama dengan masyarakat sekitar. "Jadi kita bukan cuma menikmati, tapi juga menjaga. Taman ini milik masyarakat, mudah-mudahan dapat dinikmati juga oleh masyarakat," ujar pria yang baru ditetapkan menjadi Walikota Jakarta Timur oleh Gubernur DKI Joko Widodo.

Mengacu pada Urban Design Guidelines (UDGL), taman dibangun dengan berbagai elemen, yakni konsep ruang yang berorientasi pada wahana berkumpul keluarga. Di samping konsep vegetasi yang teratur juga penting agar dapat menciptakan habitat unggas. Terakhir, konsep sirkulasi udara yang mendukung aktifitas olahraga.

Konsep-konsep tersebut tampak pada taman tersebut, mulai dari taman dengan berbagai jenis tumbuhan rindang, taman bermain bagi anak, jogging track serta jalur khusus sepeda. Seluruh fasilitas itu dibangun bekerjasama dengan pemerintah setempat untuk mendukung kegiatan masyarakat. Direktur PT United Tractors Edhie Sarwono mengungkapkan, pembangunan taman itu adalah bentuk dedikasi dan partisipasi aktif pihaknya dalam pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com