Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Minta Ancol Buat Pantai Gratis

Kompas.com - 18/12/2012, 17:53 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menginginkan adanya sebuah pantai yang dapat dinikmati warga Ibu Kota secara gratis. Namun, ia masih memikirkan caranya, apakah melobi pihak PT Pembangunan Jaya Ancol atau menguruk kawasan tertentu untuk dijadikan pantai.

Menurut Basuki, bisa saja pihak Jaya Ancol membuat sebuah sistem yang terintegrasi dengan program-program Pemerintah Provinsi DKI yang telah berjalan. Misalnya, membuat paket berupa potongan harga untuk warga miskin dan yatim piatu, atau memberikan potongan harga untuk warga pemilik Kartu Jakarta Pintar dan pengguna bus transjakarta.

"Jadi, intinya, kita ingin warga DKI harus punya pantai pribadi, pantai gratis untuk publik. Nah, itu tugasnya Ancol untuk memikirkan," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Selasa (18/12/2012).

Meskipun demikian, Basuki sadar bahwa rencana ini belum tentu berjalan mulus. Pasalnya, pihak Jaya Ancol sangat mungkin akan keberatan karena pantai di area itu merupakan pantai buatan dan hasil investasi PT Pembangunan Jaya Ancol.

Saat ditanya waktu memulai pembuatan pantai di Jakarta, Basuki menjawab semuanya perlu dikaji serius. Misalnya, mengenai garis pantai  dan landasan hukum apabila jadi menggugat PT Pembangunan Jaya Ancol untuk menggratiskan pantainya di pengadilan.

"Dulu kawasan itu (Ancol), kan, sepi, terus diuruk jadi pantai. Sekarang siapa sih yang mau datang ke Marunda? Enggak ada, kan? Kalau kita mau berdebat, mereka (Ancol) pasti punya banyak argumen," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com