Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Tak Pilih Ancol untuk Bermalam Tahun Baru

Kompas.com - 19/12/2012, 11:56 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo telah memiliki rencana menyambut pergantian tahun 2013. Bukan di rumah bersama keluarga, atau di Ancol seperti Gubernur DKI sebelumnya, tahun ini Jokowi akan menikmati pergantian tahun di Car Free Night.

"Di Ancol ada pesta kayak biasanya saja, tapi saya mungkin di Car Free Night," kata Jokowi saat dijumpai di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (19/12/2012).

Sebagai informasi, Jokowi memutuskan untuk memberlakukan larangan berkendara pada malam pergantian tahun baru. Program Car Free Night ini akan diberlakukan pada ruas-ruas jalan tertentu yang menjadi pusat perayaan pergantian tahun.

Alasan dirinya mengeluarkan kebijakan ini adalah karena tak ingin warga Jakarta mendapatkan masalah selama merayakan pergantian Tahun Baru. Untuk itu, ia menyiapkan sejumlah rencana, termasuk menggelar program Car Free Night pada malam menyambut Tahun Baru.

Di saat malam tahun baru itu, Jokowi tak ingin ada kendaraan bermotor yang melintas di sejumlah ruas jalan yang rencananya akan diberlakukan dari Sudirman-Thamrin, sampai Medan Merdeka Barat. Larangan menggunakan kendaraan bermotor ini akan diterapkan mulai pukul 21.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB.

Terkait pengamanan di Ibu Kota menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru, Jokowi mengatakan, sampai saat ini belum ada masalah. Ia juga telah berkoordinasi dengan satuan pengamanan, seperti kepolisian dan satpol PP, untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru di Jakarta.

"Pokoknya semuanya dikerahkan semuanya. Kan kita punya sekitar 7.000 personel. Kita gelar panggung dan karnaval dan tari-tarian di jalan sepanjang 7 kilometer itu," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com