Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RTRW Kota Bogor Dibagi 5 Wilayah Pelayanan

Kompas.com - 19/12/2012, 22:35 WIB
Ratih Prahesti Sudarsono

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bapeda) Kota Bogor membagi wilayah kota itu menjadi lima wilayah pelayanan (WP).

Kepala Bappeda Kota Bogor, Hari Sutjahyo, mengungkap pembagian itu dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Bogor tahun 2011-2031.

Hari mengatakan itu saat sosialisasi RTRW Kota Bogor di Aula Triono Gedung Abdullah Sidik, Universitas Ibnu Khaldun (UIK), Kota Bogor, Rabu (19/12/2012).  

Menurut Hari, sebagaimana dalam siaran pers yang dikeluarkan Humas Pemkot Bogor, lima wilayah pelayanan (WP) menyangkut pusat perkembangan kota, komersial, wisata, dan pusat tujuan lainnya. "Nanti tersebar, tidak terkumpul di pusat kota, sehingga arus barang, orang, dan kendaraan tidak lagi terpusat di pusat kota. Orang mau belanja, misalnya, tidak usah harus Ke Pasar Anyar dan Pasar Bogor, karena pasar akan ada di setiap WP ," katanya.  

Dalam RTRW disebutkan, WP A meliputi kegiatan perdagangan, kegiatan perkantoran, kegiatan MICE (meeting, insentif convention, exibhition), pengembangan terminal agribisnis, dan perumahan kepadatan rendah. Juga, meliputi pengendalian perkebangan kegiatan perdagangan dan jasa, revitalisasi kawasan stasiun Bogor dan sekitarnya, serta peremajaan kawasan permukiman.   

WP B meliputi wilayah kegiatan perdagangan, hotel dan sarana akomodasi, rumah sakit regional, pengembangan kawasan wisata, serta perumahan kepadatan rendah.

WP C meliputi pengembangan pasar induk, pembangunan sentra elektronik, dan pengembangan perumahan.

WP D meliputi kegiatan perdagangan, kegiatan perkantoran, kegiatan jasa akomodasi dan perhotelan, serta wisata kuliner.  Dalam RTRW juga diuraikan mengenai rencana transportasi mengenai pengembangannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com