Rabu, 23 April 2014

News / Megapolitan

Jokowi Akan Lantik Wali Kota di Kampung Kumuh

Kamis, 20 Desember 2012 | 06:17 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo hari ini, Kamis (20/12/2012), rencananya akan melantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jakarta Timur. Namun, kelihatannya ada yang berbeda dalam acara pelantikan tersebut. Biasanya, pelantikan dilakukan di dalam kantor wali kota wilayah tersebut, tetapi untuk perhelatan ini, akan digelar di sebuah kampung di wilayah Jakarta Timur. Peristiwa ini mungkin menjadi yang kali pertama terjadi di Jakarta.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu pun, beberapa waktu lalu saat ditanyakan perihal pelantikan di luar kantor, seperti menebar teka-teki kepada para wartawan. "Tunggu tanggal mainnya saja, hehehe," kata Jokowi.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com, Jokowi akan mengambil sumpah jabatan dan melantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jakarta Timur di kampung kumuh, RT 007/RW 05, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, pada pukul 07.30 WIB. Setelah itu, pada pukul 09.00 WIB, Jokowi akan menghadiri puncak acara Hari Ke-47 Aksara Internasional di gedung balai pertemuan Hermina, Jalan Mampang Prapatan Raya Nomor 90. Pada pukul 11.00 WIB, Jokowi akan menghadiri rapat paripurna DPRD untuk menyampaikan pidato mengenai raperda tentang APBD Provinsi DKI Jakarta 2013.

Selanjutnya, pada pukul 14.00 WIB, Jokowi akan memberikan pengarahan kepada pejabat Pemerintah Kota Jakarta Timur di ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Timur. Pada pukul 16.00 WIB, Jokowi akan menghadiri peluncuran buku Man of Honor: Kehidupan, Semangat, dan Kearifan William Soerdjaya di Ballroom Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan.

Adapun jabatan wali kota Jakarta Timur hampir pasti menjadi milik HR Krisdianto yang saat ini menjabat sebagai Pelaksana Tugas Wali Kota Jakarta Timur dan Husein Murad yang akan menjabat sebagai wakil wali kota Jakarta Timur yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Kota Jakarta Timur.

Wakil Ketua DPRD DKI Inggard Joshua mengatakan, pihak legislatif telah menyetujui semua visi dan misi yang disampaikan Krisdianto di Gedung DPRD Jakarta, Selasa (11/12/2012) lalu. Selanjutnya, rekomendasi ini akan disampaikan kepada Gubernur Joko Widodo agar waktu pelantikan dapat segera dilakukan sebelum pergantian tahun.

Sejumlah program yang diusung Krisdianto, kata Inggard, adalah pembangunan sentra usaha di Jakarta Timur, menanggulangi masalah rawan banjir, kebakaran, permukiman kumuh, dan tempat-tempat prostitusi. Pemaparan visi dan misi dilakukan di depan pimpinan DPRD dan sejumlah anggota Komisi A yang intens pada bidang pemerintahan. Dalam hal ini, Krisdianto merupakan calon tunggal saat maju sebagai wali kota Jakarta Timur.

"Setelah kami dengarkan, ternyata visi dan misinya bagus," ujarnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DKI Jakarta Budhiastuti menyampaikan rencana untuk mengisi kekosongan pada pos jabatan wali kota Jakarta Timur. Jabatan wali kota Jakarta Timur mengalami kekosongan setelah dikabulkannya pengajuan masa persiapan pensiun (MPP) Wali Kota Jakarta Timur Murdhani. Praktis, posisi wali kota Jakarta Timur menjadi kosong.

Murdhani melepaskan jabatannya saat masih tersisa enam bulan. Saat ini, jabatan wali kota diambil alih oleh Wakil Wali Kota Jakarta Timur HR Krisdianto yang kemudian dikukuhkan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota pada 3 Oktober 2012 lalu oleh Sekretaris Daerah DKI Jakarta Fadjar Panjaitan.


Penulis: Kurnia Sari Aziza
Editor : Farid Assifa