Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Tuan Rumah Kegiatan Komunitas Sepeda Tua

Kompas.com - 20/12/2012, 07:58 WIB
Tjahja Gunawan Diredja

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Jakarta akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan aneka kegiatan komunitas sepeda tua dunia yang akan dilaksanakan di Taman Impian Jaya Ancol tanggal 22-23 Desember 2012.

Menurut Sukartono, salah satu panitia Jakarta Onthel Beach Festival, dalam siaran persnya, Kamis (20/12/2012), kegiatan ini selain sebagai acara temu kumpul seluruh penggemar sepeda tua se-Indonesia, juga untuk mempromosikan sosiokultural Indonesia dalam berbagai cara, terutama dengan bersepeda tua.

"Juga agar dapat memperkuat kembali budaya masyarakat untuk bersepeda serta kegiatan peduli dan ramah lingkungan," ujar Sukartono.

Acara yang baru pertama kali di Indonesia ini menyajikan beragam program menarik. Pada hari pertama, Sabtu (22/12/2012), akan diadakan reli sepeda onthel yang diikuti peserta pribadi mengelilingi jalur di kawasan Ancol, berbagai lomba antar-onthelist (sebutan bagi penggemar sepeda tua) yang sangat unik.

Jenis lomba itu antara lain makan kerupuk jongkok, lomba kelereng, lomba sepeda lambat, lomba balap karung sambil ngonthel, dan lain-lain. Selain itu, di lokasi acara juga akan digelar pasar klithikan, bursa barang-barang onderdil sepeda tua dan barang-barang jadul terbesar se-Indonesia yang diikuti ratusan pedagang klithikhan dari berbagai daerah.

Menurut rencana, kegiatan komunitas sepeda tua ini akan dibuka Gubernur DKI JokoWidodo dan akan dihadiri para duta besar negara sahabat. "Pak Jokowi sekaligus akan melepas peserta 'Parade Senja Nusantara' kompetisi nasional karnaval sepeda tua. Mereka akan memakai kostum dan busana unik tradisional dan tematik," tutur Sukartono.

Acara ini juga akan dibarengi oleh penyerahan piala Abang None Cilik Jakarta 2012.

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) dengan Bike To Work Indonesia dan didukung PT Pembangunan Jaya Ancol serta Pasar Seni Ancol.

Pada hari kedua, Minggu (23/12/2012), seluruh peserta akan bersepeda bersama di pagi hari dan mengikuti acara bertajuk "Melatjak Djakarta". Pada acara ini, peserta bukan hanya bersepeda bersama, melainkan juga mengikuti teka-teki dan kuis yang berhubungan dengan ikon Jakarta, seperti Kampung Bandan, kawasan Kota Tua, jembatan kota intan, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan kawasan pesisir Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com