Basuki Ingin Jakarta Punya Kampung Berkarakter - Kompas.com

Basuki Ingin Jakarta Punya Kampung Berkarakter

Indra Akuntono
Kompas.com - 20/12/2012, 13:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus merancang ide untuk menata Ibu Kota menjadi lebih nyaman, unggul, serta dapat menjadi ikon yang mewakili karakter Jakarta secara menyeluruh. Setelah mantap dengan rencana penataan kampung deret, kali ini mencuat ide untuk menata kampung berdasarkan karakteristiknya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, pihaknya telah membahas konsep penataan kampung yang sesuai karakter itu. Jadi, nantinya pembangunan Jakarta tak terkungkung merujuk pada kota-kota besar di Asia, tetapi juga menonjolkan wajah kampung Jakarta sesuai dengan karakteristiknya.

"Sesuai keinginan Pak Gubernur, Jakarta mesti punya kampung yang khas. Contoh Muara Angke, kita jadiin saja sebagai kampung nelayan," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Kamis (20/12/2012).

Menurut Basuki, penataan kampung dengan gaya ini akan melahirkan ikon-ikon tempat wisata baru. Saat ini, rencananya telah berkembang untuk membangun kampung nelayan, kampung protein, dan kampung tekstil yang akan segera dimulai pada tahun depan.

"Walaupun ada rumah susun, tapi ada kampungnya. Jadi, Jakarta enggak kita biarkan diisi dengan gedung pencakar langit saja, tapi bisa untuk backpacker juga," ujarnya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    PenulisIndra Akuntono
    EditorAna Shofiana Syatiri
    Komentar

    Close Ads X
    Close [X]
    Radio Live Streaming
    Sonora FM • Motion FM • Smart FM