Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Natal dan Tahun Baru, Agen Perjalanan Mulai Diserbu

Kompas.com - 21/12/2012, 10:11 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Semarak menyambut liburan Natal 2012 dan Tahun Baru 2013 mulai terlihat dari sulitnya mendapatkan tiket pesawat domestik maupun non-domestik. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah penumpang pesawat yang memesan tiket pada Smailing Tour and Travel.

"Libur Natal dan Tahun Baru ini tiket pesawat memang banyak yang sudah habis. Tujuan penumpang ada yang dalam dan luar negeri," kata Rizal, karyawan Smailing Tour, di kantornya, Jakarta, Kamis (20/12/2012) malam.

Dia mengatakan, mayoritas pesawat yang sudah penuh menjelang Natal bertujuan ke Medan, Kupang, Manado, Surabaya, dan Bali. Tanggal pemberangkatan yang sudah mulai full dimulai pada periode pemberangkatan tanggal 17-31 Desember. Sedangkan puncak pemberangkatan domestik mulai tanggal 22 Desember.

"Kalau dilihat, tujuan Surabaya mulai hari ini juga sudah penuh sih, besok juga penuh. Garuda dengan 16 penerbangan ekonomi jurusan Surabaya sudah tidak ada seat lagi, tinggal kelas bisnis saja. Tapi harganya cukup tinggi," kata Rizal.

Menurut dia, tak hanya tujuan dalam negeri, untuk penumpang pesawat menuju luar negeri juga sudah terlihat penuh. Liburan akhir tahun seperti ini biasanya seat pesawat sudah diblok oleh agen perjalanan tur akhir tahun. Maka dari itu, penumpang akan sulit mendapatkan tiket pesawat jika membeli secara personal.

"Seperti tujuan Singapura dari tiket termurah sampai termahal mulai tanggal 22 Desember sudah full semua. Garuda Indonesia juga full dari kelas ekonomi sampai kelas bisnis," katanya.

Rizal mengatakan, tujuan dalam negeri mulai ramai sejak tanggal 17 Desember, sedangkan tujuan luar negeri mayoritas untuk perjalanan setelah tanggal 25 Desember 2012. Penumpang sendiri baru bisa mendapatkan tiket dengan mudah untuk perjalanan mulai tanggal 5 Januari 2012.

Selain Singapura, tujuan lain yang diminati pengguna masyarakat Indonesia adalah Kuala Lumpur, Hongkong, Bangkok, China, Los Angeles, dan Amerika Serikat. Lonjakan penumpang ini selalu berulang setiap tahunnya. Selain untuk merayakan Natal, liburan akhir tahun ini bersambung dengan liburan Tahun Baru, sehingga banyak penumpang yang ingin mengambil momen tersebut.

Baca juga :

- Natalan, Basuki Gelar "Open House" di Rumah Dinas

- Polda Metro Beri Masukan ke Jokowi

Berita terkait, baca:

NATAL TAHUN BARU

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com