Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Uang Kita Cukup, tapi Cuma Dimain-mainin

Kompas.com - 21/12/2012, 14:15 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana memperbanyak jumlah puskesmas yang menyediakan fasilitas rawat inap. Targetnya, pada 2014 telah terwujud minimal satu puskesmas berfasilitas rawat inap di setiap kecamatan.

Basuki menjelaskan, rencana itu untuk mendongkrak layanan kesehatan pada masyarakat, khususnya warga miskin Ibu Kota pemegang Kartu Jakarta Sehat (KJS).

"Uang kita cukup kok, tapi selama ini kan cuma dimain-mainin aja," kata Basuki dijumpai di Balaikota Jakarta, Jumat (21/12/2012).

Menurutnya, fenomena membeludaknya pasien KJS di sejumlah rumah sakit dipicu karena sistem belum berjalan seperti yang diharapkan. Di satu sisi layanan kesehatan diberikan mulai dari puskesmas, tetapi kemudian selalu dirujuk ke rumah sakit, baik RSUD maupun swasta, karena tidak semua puskesmas memiliki fasilitas rawat inap.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emawati membenarkan adanya usulan untuk memperbanyak jumlah puskesmas rawat inap. Ia menyampaikan, dalam dua tahun ke depan, target DKI memiliki 44 puskesmas rawat inap dapat terwujud.

Saat ini, jumlah puskesmas yang dilengkapi dengan fasiitas rawat inap telah tersebar di 29 titik. Sesuai aturan, Provinsi DKI Jakarta hanya dapat melahirkan 10 puskesmas rawat inap di setiap tahunnya.

"Dua tahun lagi kan, tapi nanti lihat anggaran yang disahkan bersama DPRD," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com