Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Jalan Thamrin Bukan karena Drainase

Kompas.com - 23/12/2012, 15:35 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Banjir yang melanda Jalan Thamrin, Jakarta, dan sekitarnya bukan karena mampatnya drainase.

Namun, banjir di kawasan itu karena tingginya curah hujan hingga membuat air meluap ke mana-mana. Drainase di kawasan tersebut dipastikan dalam kondisi normal.

"Seluruh pompa kami bekerja. Saluran air juga tidak ada yang tersumbat. Sementara hujan sangat lebat dan kondisi Kali Cideng sedang penuh. Kali Cideng itu tempat pembuangan air dari kawasan Thamrin," tutur Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Ery Basworo, Minggu (23/12/2012), di Jakarta.

Hujan yang melanda Jakarta Sabtu kemarin di luar yang biasanya terjadi. Hujan rata-rata di Jakarta, katanya, sekitar 300 milimeter dalam setiap bulan.

Sementara hujan yang melanda Jakarta kemarin 150 mm. "Peristiwa ini tidak biasa, jarang terjadi. Karena itu, begitu kejadian kemampuan pompa tidak sanggup mengatasinya," tutur Ery.

Adapun kapasitas drainase kawasan Thamrin didesain untuk mengatasi luapan air rata-rata. Menurut Ery, saluran air tidak mungkin dibuat untuk mengatasi segala kemungkinan terburuk.

"Kemungkinan terburuk selalu ada, tetapi intensitasnya kecil. Bisa saja kami mendesain drainase untuk kemungkinan lebih buruk lagi, tetapi itu tidak efisien," tutur Ery.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com