Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Pos Pengumben Masih Siaga Banjir

Kompas.com - 24/12/2012, 14:13 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga yang terkena banjir di Pos Pengumben Lama masih tetap siaga. Pasalnya, air dari Bogor dikabarkan akan kembali mengalir menuju Kali Pesanggrahan dan berimbas pada banjir di pemukiman rumah warga.

"Kita masih siaga saja jagain air. Saya dari jam 2 malem belum tidur-tidur, takutnya air datang lagi," kata Dani, warga jalan Pos Pengumben Lama, RT 04/05 Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat di rumahnya, Senin (24/12/2012).

Khadijah, Ibu RT 04/05 mengatakan, warga yang tinggal di samping Kali Pesanggrahan memang sering terkena banjir. Pada bulan November lalu, daerah tersebut juga tergenang banjir kiriman dari Bogor. Saat banjir bulan lalu, Camat setempat memberikan dana operasional selama terjadi banjir sebanyak Rp 10 juta.

Ia mengungkapkan, dana tersebut digunakan untuk keperluan saat banjir datang. Dari dana Rp 10 juta ini digunakan untuk mengganti rumah warga yang roboh sebesar Rp 1,5 juta. Sedangkan warga yang rumahnya tidak terlalu serius kerusakannya diberikan bantuan sebesar Rp 300.000.

"Masih ada dananya yang dari camat, camat bilang jangan dikasih ke warga. Suatu saat ada banjir, kan ada dana untuk membeli makan warga korban banjir. Hari ini saya juga memasakan 40 bungkus nasi untuk warga pakai uang itu," kata Khodijah.

Ia melanjutkan, untuk saat ini dana yang tersisa sekitar Rp 4 juta. Dana tersebut tetap disimpan untuk keperluan dadakan menghadapi musim hujan untuk mencegah banjir tahun ini. Diberitakan sebelumnya, air kiriman kembali menggenani perumahan warga RT 04/05 Pos Pengumben, Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Banjir tersebut mencapai ketinggian 60cm-80 cm sejak pukul 02.00 dini hari. Sampai berita diturunkan banjir belum juga surut di daerah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com