Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Transjakarta Nanti Gandeng Semua

Kompas.com - 26/12/2012, 17:34 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bus transjakarta ke depan akan berbentuk gandeng semua. Tidak ada lagi bus berbadan tunggal yang beroperasi melayani penumpang. Secara gradual, bus gandeng baru saat ini sudah datang di Jakarta. Bus itu akan mengganti seluruh armada di Koridor 1 (Blok M-Kota), mengisi operasional bus di Koridor 12 (Tanjung Priok-Pluit), dan memperkuat armada di Koridor 8 (Lebak Bulus-Harmoni).

"Semua bus transjakarta akan menjadi gandeng. Bus itu lebih efektif mengangkut penumpang dalam jumlah besar," tutur Kepala Badan Layanan Umum M Akbar, Rabu (26/12/2012), di Jakarta.

Akbar mengatakan, kapasitas bus gandeng bisa mengangkut 160 penumpang (duduk dan berdiri). Sementara bus berbadan tunggal hanya mampu mengangkut 85 penumpang. Dia berharap, kehadiran bus gandeng mampu meningkatkan kualitas pelayanan.

Saat ini sudah 23 bus datang di pul Cikampek, Jawa Barat, pengadaan lelang investasi dari PT Damri. Ada 43 bus lain yang masih dalam perjalanan dari China. Bus baru juga datang dari pengadaan Dinas Perhubungan DKI. Saat ini sudah datang 18 bus di pul Jalan Perintis Kemerdekaan Jakarta. Menyusul bus itu, akan datang 18 unit lagi buatan dalam negeri.

Sampai 15 Januari 2013, akan ada 102 bus transjakarta baru yang akan tiba di Jakarta. "Semua bus itu gandeng dengan bahan bakar gas," tutur Akbar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com