Rabu, 23 Juli 2014

News / Megapolitan

Thamrin-Sudirman Waspada Banjir

Jumat, 28 Desember 2012 | 15:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com  - Saat ini hujan melanda kawasan Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman serta wilayah sekitarnya. Hujan mengguyur sejak pukul 14.30 hingga kini masih berlangsung.

Pantauan Kompas, dari 258 kamera di Unit Pengelola Sistem Pengendalian Lalu Lintas, tidak semua kawasan Jakarta terguyur hujan. Sementara ini hujan lebat terkonsentrasi di wilayah pusat Jakarta.

Dari kamera, terlihat arus lalu lintas akan terhambat karena guyuran hujan. Sementara tidak semua kamera di Unit Pengelola Sistem Pengendalian Lalu Lintas beroperasi. Cuaca ekstrem ini membuat kinerja kamera terganggu hingga tidak dapat merekam situasi sekitarnya.

"Kami sudah memberitahukan semua petugas penanganan banjir agar waspada. Pompa sudah siap dioperasikan, selain sembilan pompa milik Dinas Pekerjaan Umum, ada pompa bantuan dari Dinas Pemadam Kebakaran," tutur Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Arfan Arkilie, Jumat (28/12/2012).

Beberapa titik menjadi prioritas perhatian antara lain kawasan Thamrin-Sudirman, Jalan Gatot Subroto, Kebon Nanas, dan sekitar Universitas Trisaksi Grogol.

Pemprov DKI menyiapkan langkah darurat jika sewaktu-waktu hujan lebat melebihi batas normal. Langkah-langkah tersebut dalam koordinasi Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan, dan Satuan Polisi Pamong Praja. "Mereka bekerja saling melengkapi dan membantu. Yang penting bagaimana caranya genangan di jalan-jalan utama cepat teratasi," kata Arfan.

 


Penulis: Andy Riza Hidayat
Editor : Rusdi Amral