Rabu, 3 September 2014

News / Megapolitan

Usai Car Free Night, Dompet Kosong Berserakan di Bundaran HI

Selasa, 1 Januari 2013 | 02:51 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah orang melapor telah kehilangan barang-barang berharga miliknya selama menghadiri Jakarta Night Festival di arena Car Free Night, Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta di malam pergantian tahun.

Mereka kehilangan dompet, handphone, dan surat-surat berharga seperti STNK motor dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Sekitar 16 orang yang membuat laporan kehilangan di pos polisi Bundaran HI," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombespol Rikwanto pada Selasa (1/1/2013).

Selain itu, ditemukan juga banyak dompet yang berserakan di jalan, namun sudah tidak ada uang di dalam dompet tersebut. Polisi juga menangkap satu orang pencopet dan pelaku telah dibawa pihak kepolisian ke Polsek Menteng untuk diperiksa.

"Ada beberapa saksi juga melihat copet yang berkomplot. Mereka terlihat mengoper-ngoper barang copetan mereka kepada beberapa temannya," kata Rikwanto.

Menurutnya, padatnya suasana CFN membuat copet lebih leluasa melakukan tindakan kejahatan. Untuk itu, polisi akan melakukan evaluasi agar tindakan kejahatan tidak terus terulang pada acara-acara berikutnya.

Rikwanto menambahkan, sekitar 200.000 orang berkumpul dalam acara Jakarta Night Festival Bundaran HI. Untuk itu, tindakan kejahatan lebih mudah dilakukan karena situasinya yang berdesakan.

Diana, salah satu pengunjung CFN turut membuat laporan kehilangan di pos polisi Bundaran HI. Ia kehilangan handphone Samsung Galaxy W saat melihat konser The Changcuters di panggung utama depan Bundaran HI.

"Tadi hp-nya di kantong, pas nonton Changcuters di depan panggung," kata Diana.

Diberitakan sebelumnya, acara Jakarta Night Festival diselenggarakan di 16 titik panggung sepanjang Bundaran Senayan sampai Monas. Acara ini DKI Jakarta menggunakan kebijakan Car Free Night dan melarang pengendara bermotor melintas sepanjang jalan Sudirman-Thamrin selama acara berlangsung.


Penulis: Alfiyyatur Rohmah
Editor : Tri Wahono