Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunjung Ragunan Membeludak, Jalanan Sekitar Macet Parah

Kompas.com - 01/01/2013, 17:26 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Antusiasme warga untuk mengisi liburan hari pertama di tahun 2013 di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) sangat tinggi. Akibat membeludaknya pengunjung, jalanan sekitar TMR macet parah.

"Pengunjung sudah mencapai 100.000 hingga sore ini," kata Wahyudi Bambang Trihantoro, Kepala Humas TMR, Selasa (1/1/2013).

Akibat membeludaknya pengunjung, arus lalu lintas di sekitar kawasan Ragunan mengalami kemacetan parah. Di Jalan TB Simatupang, kemacetan terlihat mulai dari kolong fly over Tanjung Barat. Butuh waktu lebih hampir dua jam untuk mencapai Jalan Harsono yang menuju gerbang utama TMR, padahal fly over tersebut hanya berjarak sekitar 1,5 kilometer dari TMR.

"Kemacetan parah sudah sejak pukul 10.00 WIB tadi. Katanya sejak siang tadi karcisnya udah ludes," kata Aipda Wagimin, petugas Lantas yang ditemui Kompas.com.

Tidak hanya di jalur TB Simatupang dan Jalan Harsono, Jalan Kebagusan Raya, Kebagusan II, Jalan Margasatwa, dan Jalan Cilandak KKO pun ikut terkena kemacetan. Di jalur-jalur alternatif itu, kemacetan diakibatkan banyaknya pengendara yang memilih beristirahat karena kecapaian. Alhasil, banyak calon pengunjung maupun kelompok-kelompok yang sudah berkunjung memilih berjalan kaki untuk jarak yang cukup jauh guna terbebas dari kemacetan.

Hingga pukul 16.00 WIB, situasi kemacetan di jalan-jalan tersebut belum juga terurai.

Berita terkait, baca :

TAHUN BARU DALAM HIBURAN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com