Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Kebakaran, Jokowi Uji Coba "Pawang Geni"

Kompas.com - 02/01/2013, 07:23 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengantisipasi kebakaran yang kerap terjadi di kawasan padat penduduk di Jakarta, Gubernur DKI Joko Widodo Jokowi melakukan ujicoba melalui alat penanggulangan kebakarannya yang disebut pawang geni.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu melakukan uji coba pawang geni di dua lokasi, yakni Bukit Duri dan Manggarai.

"Ya ini kan kita coba, ini baru kita taruh di dua kampung, coba kerjanya seperti apa," kata Jokowi usai mengunjungi lokasi kebakaran di Grogol Petamburan, Jakarta, Selasa (1/1/2013) malam.

Jokowi pun melanjutkan, apabila pawang geni tersebut efektif untuk menanggulangi kebakaran, maka ia akan mencoba menaruh pawang geni di sejumlah titik lainnya.

Namun, apabila dalam uji coba di dua titik itu dirasa tidak efektif, maka Jokowi akan coba memikirkan alternatif lainnya untuk menanggulangi kebakaran.

"Ada di Manggarai sama yang satu lagi di Bukit Duri. Kalau memang itu berfungsi secara temporer sementara untuk melakukan tindakan pertama, nanti kita evaluasi, berguna ya enggak apa-apa. Kalau enggak, ya kita coba cara yang lain, karena kita sudah programkan itu," kata Jokowi.

Sementara itu saat ditanyakan terkait efektivitas penggunaan Fire Motor sebagai salah satu solusi penanggulangan kebakaran yang digagas oleh Mantan Gubernur DKI Fauzi Bowo, Jokowi enggan menjawabnya. Ia lebih senang melanjutkan efektivitas dari pawang geni tersebut yang akan dievaluasi penggunaannya setelah tiga bulan.

"Nanti kita evaluasi lah, setelah tiga bulan, mulai dari Januari nanti kelihatan evaluasinya. Nanti kelihatan mana yang paling benar, mana yang paling efektif, terutama untuk pemadaman pertamanya," ujarnya.

Penggunaan alat yang ditaruh di lokasi rawan kebakaran untuk penanggulangan pertama saat kebakaran, kata dia, adalah sebuah solusi agar warga jangan hanya menunggu petugas Pemadam Kebakaran.

"Kalau enggak ada alat itu, menunggu mobilnya memang lama, bukan masalah kecepatan mobilnya, tapi nanti pasti macet atau jalan sempit. Kita harus lihat lapangannya lah," kata Jokowi.

Untuk diketahui, pada saat Jokowi masih menjadi Calon Gubernur DKI pada (9/9/2012) lalu di Manggarai, Jakarta Selatan, Jokowi resmi meluncurkan alat ringkas sebagai pertolongan pertama pada kebakaran yang marak terjadi di Jakarta.

Alat itu dinamakan "Pawang Geni". Sejatinya, alat bernama pawang geni tersebut adalah sebuah tong sebagai penampung air berkapasitas 200 liter yang diletakkan di atas besi beroda, dilengkapi pompa, selang sepanjang lebih kurang 10 meter, dan alat penyemprot seperti milik pemadam kebakaran. Alat ini memiliki dimensi lebar 80 cm dan tinggi 150 cm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com