Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter RSPP: Rasyid Alami Trauma Psikis

Kompas.com - 03/01/2013, 10:27 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Perkembangan kondisi kesehatan Muhammad Rasyid Amrullah (22), putra bungsu Menko Perekonomian Hatta Rajasa, yang dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta Selatan, dalam kondisi cukup stabil. Namun, akibat kecelakaan yang terjadi di kilometer 3+350 Tol Jagorawi, pada Selasa (1/1/2012) pukul 05.45 WIB, Rasyid mengalami trauma psikis.

Dr Endah Ronawulan, psikiater kesehatan jiwa yang menangani Rasyid, mengatakan, kondisi Rasyid saat ini tengah mengalami trauma psikis yang menurut dia bisa terjadi kepada seseorang pascamengalami suatu peristiwa.

"Hal ini bisa terjadi kepada setiap orang yang menyaksikan atau mengalami trauma psikologis. Pasien ini kesulitan makan atau tidur. Hal ini biasa terjadi pada usia 20 tahun menuju dewasa. Dia mengalami ketakutan," kata Endah, dalam konferensi pers, di gedung Graha RSPP, lantai 8, Jakarta Selatan, Kamis (3/1/2013) pagi.

Kondisi yang menimpa Rasyid, menurut dia, sedang memerlukan perawatan. Rasyid dikatakannya tengah mengalami ketakutan dan tengah memikirkan mengenai masa depannya. Hal ini diduga berkaitan dengan kasus kecelakaan yang mengakibatkan dua orang tewas serta proses hukum yang akan ditempuh Rasyid dalam kasus kecelakaan yang melibatkannya. Saat ini, polisi sudah menetapkan Rasyid sebagai tersangka kasus kecelakaan itu.

"Ini ketakutan kecemasan akan masa depan. Beliau sedang sekolah, sedang ujian, sedang kebingungan anaknya," ujar Endah.

Sementara itu, Abdul Haris Tri Prasetya, dokter spesialis penyakit dalam RSPP, mengatakan, ia menangani Rasyid dengan beberapa jenis keluhan sakit. "Saya merawat pasien dengan umur 21 tahun (Rasyid), dengan keluhan nyeri di perut, mual, muntah, sakit kepala, dan kita dapatkan dengan kondisi badan yang lemah. Ada gangguan pencernaan pada bagian atas," jelas Haris.

Seperti diberitakan sebelumnya, keberadaan Muhammad Rasyid Amrullah (22), yang mengalami kecelakaan pada Selasa (1/1/2013) pukul 05.45 WIB, sebelumnya tak diketahui publik. Baru pada Rabu sore, keberadaan Rasyid diketahui, yaitu tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat Pertamina.

Rasyid Amrullah sendiri terlibat dalam kecelakaan maut yang terjadi di Tol Jagorawi Km 3+350 arah Bogor pada Selasa (1/1/2013) sekitar pukul 05.45 WIB. Ia diduga dalam kondisi mengantuk. Mobil BMW X5 B 272 HR yang dikemudikan Rasyid menabrak dari belakang Daihatsu Luxio F 1622 CY yang dikemudikan Frans Joner Sirait.

Akibat peristiwa itu, dua orang tewas, di antaranya seorang balita bernama Muhammad Raihan (14 bulan) dan seorang kakek dua cucu bernama Harun (57). Sementara tiga orang lain mengalami luka-luka dan menjalani perawatan intensif, yakni Supriyati (35), Enung (30), dan Rifai (8). Polisi sendiri sudah menetapkan Rasyid sebagai tersangka atas kasus kecelakaan tersebut.

Berita terkait, baca :

Insiden BMW Maut di Jagorawi

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com