Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagalkan Maling Motor, Mansur Juga Rebut Pistol Pelaku

Kompas.com - 04/01/2013, 00:08 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Upaya pencurian sepeda motor menggunakan senjata api di Jalan Raya Pondok Ranggon, RT 06 RW 04, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (3/1/2013), digagalkan.

Penggagalan itu dilakukan saudara korban bernama Mansur (25). Ia juga berhasil merebut pistol yang digunakan oleh salah seorang pelaku.

Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Timur, Komisaris Besar Mulyadi Kaharni, mengatakan, peristiwa tersebut terjadi di depan sebuah toko gypsum milik Samhari (38), paman Mansur. Motor Suzuki Satria FU 2011 bernomor polisi B 3723 THM milik korban tengah terparkir di depan toko tersebut.

Pelaku yang berjumlah dua orang menggunakan motor Yamaha Jupiter, tetapi tak diketahui nomor polisinya. Seorang pelaku menunggu di motor, seorang lagi bertugas mengambil motor sasaran.

Aksi pelaku pun dipergoki Samhari dan Mansur. Pelaku langsung mengeluarkan sepucuk senjata api dari kantung celananya.

"Korban berusaha merebut motor yang dibawa pelaku. Saksi Mansur berusaha merebut senjata api yang dipegang pelaku yang membawa motor korban," terang Mulyadi saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis (3/1/2013).

Hebatnya, upaya menghalau aksi kejahatan pelaku berhasil. Setelah terlibat aksi tarik-menarik, Mansur berhasil merebut senjata api milik pelaku. Rupanya, senjata api bukan hanya dimiliki oleh pelaku yang beraksi. Seorang pelaku yang menunggu di motor juga memiliki pistol.

Melihat kawannya terancam, pelaku yang berada di motor akhirnya mengeluarkan senjata apinya dan melepaskan satu tembakan ke arah badan Mansur. Naas, terjangan peluru panas pelaku tak mengenai Mansur, tetapi menyerempet Julaeha (30), perempuan yang tengah melintas.

"Dua pelaku kemudian berhasil melarkan diri meninggalkan korbannya menggunakan motor," lanjut Mulyadi.

Kini, Julaeha dirawat di Rumah Sakit Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, sementara Samhari dan Mansur dibawa petugas ke Kantor Kepolisian Sektor Cipayung untuk diperiksa lebih lanjut.

Di lokasi kejadian, polisi mengamankan sejumlah barang bukti pelaku yang tertinggal, yaitu satu pucuk senjata api rakitan berisi lima butir peluru, sepasang sandal jepit warna hitam, satu buah sepatu kulit warna abu-abu, gagang kunci letter T dibalut isolasi berwarna merah, dan satu buah helm warna kombinasi putih biru.

Mulyadi mengungkapkan, pihaknya di lapangan telah melakukan penyelidikan atas percobaan pencurian tersebut. Kasus itu ditangani oleh Unit Resetse Kriminal Kepolisian Sektor Cipayung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com