Sabtu, 23 Agustus 2014

News / Megapolitan

Pemohon Rusun Marunda Membeludak

Jumat, 4 Januari 2013 | 13:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jumlah pemohon yang mendaftarkan diri sebagai calon penghuni rumah susun sewa Marunda di Cilincing, Jakarta Utara, membeludak. Jumlah pendaftar mencapai 1.377 orang, termasuk pendaftar baru yang dibuka beberapa bulan terakhir.

Kepala Unit Pengelola Teknis Rumah Susun Wilayah I Jakarta Utara Kusnindar, Jumat (4/1/2013), mengatakan, dibandingkan dengan rumah susun lain di DKI Jakarta, peminat Rusun Marunda terbilang tinggi. Oleh karena itu, pihaknya memperketat seleksi calon penghuni.

Kusnindar menambahkan, kapasitas tampung yang tengah disiapkan hanya 200 unit untuk 200 keluarga. Unit-unit itu berada di dua blok di Klaster B dan merupakan sebagian dari 1.900 unit rumah susun yang kosong sejak rusun selesai dibangun tahun 2007-2009.

"Kami meminta calon penghuni untuk datang sendiri membawa berkas-berkas yang diperlukan, bukan melalui perwakilan lembaga atau kelompok. Ini untuk menghindari pelanggaran yang selama ini terjadi, seperti alih sewa dan pemindahtanganan ilegal," tutur Kusnindar.

Dari seleksi administrasi, pengelola meloloskan 79 calon penghuni yang berhak mengikuti undian pengisian unit-unit kosong. Jumlah itu merupakan hasil seleksi dari 576 calon penghuni yang lolos seleksi berkas.


Penulis: Mukhamad Kurniawan
Editor : Rusdi Amral