Selasa, 2 September 2014

News / Megapolitan

Kerja Sama Pariwisata, Dubes Brunei Lirik Jokowi

Senin, 7 Januari 2013 | 12:04 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Hari ini, Senin (7/1/2013), Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menerima kunjungan negara sahabat, yaitu Duta Besar Brunei Darussalam Dato Paduka Mahmud Hj Saidin. Maksud dan tujuan Dubes Brunei menyambangi Balaikota Jakarta adalah untuk membahas kerja sama dalam bidang pariwisata.

"Kami membincangkan, pertama untuk memperkenalkan saya sebagai dubes, dan kedua untuk kebijakan dalam kerja sama yang bisa diwujudkan di antara Brunei dan Jakarta khususnya. Kerja sama dalam bidang pariwisata dan sebagainya," kata Dato Paduka Mahmud Hj Saidin, di Balaikota Jakarta, Senin (7/1/2013).

Dalam kerja sama bidang pariwisata, kata Dato, langkah konkret yang akan dilaksanakan antarkota dan negara ini adalah dengan saling memperkenalkan produk wisata satu sama lain. "Kami mengenalkan Brunei kepada penduduk Jakarta dan juga bagi orang-orang Brunei lebih banyak ke Jakarta untuk mengetahui dan menikmati sendiri apa yang terdapat di Jakarta," katanya.

Brunei lebih tertarik untuk membahas kerja sama dengan Jakarta, khususnya dalam bidang pariwisata dibandingkan dengan persoalan dan solusi kerja sama dalam mengatasi banjir. Banjir merupakan penyakit kronis yang sudah lama dan dirasakan warga Ibu Kota yang butuh antisipasi penyelesaian secepatnya. Menurut Dato, Jakarta lebih berpengalaman dalam mengatasi permasalahan banjir.

"Kami tidak begitu banyak pengalaman dalam menangani banjir di Brunei. Mungkin Jakarta punya lebih banyak pengalaman dari kami," kata dia.

Selain itu, Dato mengaku telah mengenal lama mantan Wali Kota Solo tersebut. Ia menceritakan, dua tahun lalu, saat Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo, Dato juga pernah menyambangi Jokowi. "Saya sangat senang sekali ketemu sekarang, juga bangga karena Pak Wali Kota yang dulu saya temui sekarang sudah jadi Gubernur," kata Dato.

Berita terkait, baca:

100 HARI JOKOWI-BASUKI


Penulis: Kurnia Sari Aziza
Editor : Hertanto Soebijoto