Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas MRT, Hari Ini Jokowi Sambangi Hatta

Kompas.com - 09/01/2013, 06:59 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Nasib megaproyek transportasi massal berbasis rel, mass rapid transit atau MRT diputuskan hari ini, Rabu (9/1/2013).

Untuk membahas rapat koordinasi yang sempat tertunda, rencananya, hari ini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan menyambangi Kementerian Menko Perekonomian untuk bertemu dengan menteri-menteri terkait nasib MRT.

Jokowi pun telah mengirimkan surat kepada Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa untuk melakukan negosiasi pembagian pengembalian pinjaman kepada Japan International Cooperation Agency (JICA) dari 70:30 menjadi 60:40, yakni 60 persen ditanggung pemerintah pusat dan sisanya ditanggung pemerintah provinsi.

"Besok (hari ini) mau bertemu di kantor Menko jam 09.30 nanti detailnya akan disampaikan," kata Jokowi, di Balaikota Jakarta, Selasa (8/1/2013) malam.

Pembahasan keputusan keberlanjutan MRT memang selalu dikaji dan dikalkulasi kembali oleh Jokowi. Salah satu hal yang dirasa sangat membebani Jokowi adalah sharing investment atau pembagian pengembalian pinjaman kepada JICA. Selama ini, pembagian beban pengembalian pinjaman adalah 42:58 untuk Pemprov DKI.

Jokowi mencoba melobi Kementerian Keuangan untuk pembahasan negosiasi sharing investment, tetapi tampaknya tak ada lampu hijau dari pihak Kementerian Keuangan atas keinginan Jokowi tersebut.

Oleh karena itu, Menko Perekonomian Hatta Rajasa berencana mengumpulkan Pemprov DKI bersama dengan Pemerintah Pusat untuk duduk bersama memutuskan MRT pada (21/12/2012) lalu. Namun, karena saat itu Hatta terjebak macet, akhirnya rapat koordinasi itu ditunda dan Jokowi hanya mengirimkan surat yang berisi penurunan sharing investment yang ditawar oleh Jokowi kepada Hatta.

Selain akan rapat koordinasi MRT bersama Menko Perekonomian, hari ini Jokowi juga akan menerima PT Adhi Karya terkait pemaparan transportasi massal berbasis rel, monorel, pada pukul 11.00 WIB di ruang tamu, Balaikota Jakarta.

Pada pukul 13.00 WIB, Jokowi akan menyambangi Kementerian Pekerjaan Umum di Jalan Patimura No 20 untuk mengadakan pertemuan dengan Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, dan pada pukul 14.30 WIB, Jokowi akan mengunjungi Kantor YLBHI Jakarta untuk mengadakan pertemuan dengan Adnan Buyung Nasution bersama LBH/YLBHI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com