Kamis, 24 April 2014

News / Megapolitan

Hujan Terus Guyur Jakarta sampai Tiga Hari Mendatang

Rabu, 9 Januari 2013 | 20:13 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejak Rabu (9/1/2013) dini hari, Jakarta terus diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga tinggi. Keadaan ini diprediksi masih terus terjadi di ibu kota hingga tiga hari mendatang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan untuk puncak musim hujan terjadi pada Januari-Februari. Sementara itu, intensitas hujan akan menurun mulai Maret.

Kepala Bidang Komunikasi BMKG Harry Tirto Djatmiko mengatakan dalam tiga hari ke depan curah hujan masih relatif sama seperti yang terjadi di Jakarta sepanjang hari ini.

"Perkiraan kami selama tiga hari ke depan, Jakarta masih akan diguyur hujan mulai intensitas ringan hingga sedang," kata Harry.

Prediksi puncak hujan, kata Harry, memang akan terjadi pada Januari hingga Februari. Namun, puncak hujan secara klimatologi terjadi pada pertengahan Januari hingga pertengahan Februari.

"Kami tidak bisa memprediksi hingga satu bulan ke depan, tapi berdasarkan bulan, pada Maret intensitas hujan memang menurun," ujarnya.

BMKG, lanjut dia, telah mengeluarkan peringatan dini terkait hujan deras yang disertai kilat, petir, dan angin kencang.

"Khusus untuk kawasan Jabodetabek, kondisi demikian akan terjadi mulai 8-14 Januari 2013. Waspada pada hujan deras disertai kilat atau petir dan angin kencang," kata Harry.

Selain Jabodetabek, wilayah lain yang juga perlu mewaspadai kondisi serupa, antara lain, Aceh bagian utara dan timur, Sumatera Selatan bagian timur dan selatan, Lampung bagian selatan dan timur, Bangka Belitung, Kalimantan Timur bagian utara, serta Banten bagian utara, timur, dan selatan.


Penulis: Kurnia Sari Aziza
Editor : Ervan Hardoko