Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Organda: Jakarta Akan Lebih Cepat Macet Total

Kompas.com - 11/01/2013, 18:12 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) Eka Sari Lorena memperingatkan kemacetan total di Jakarta, akan lebih cepat tiba. Sebab, belum ada solusi komprehensif yang diambil oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Ada dua hal yang akan mempercepat kemacetan total di Jakarta. Pertama, akan dibangunnya enam tol di Jakarta. Kedua, akan bermunculannya mobil murah. "Dua hal itu akan bersinergi memacetkan Jakarta," kata Eka, Jumat (11/1/2012).

Eka mengatakan, ketika Gubernur DKI Jakarta memberikan lampu hijau terhadap pembangunan enam tol dalam kota, apakah juga dipikirkan tentang kapasitas parkir? "Apakah juga dipikirkan soal pemborosan BBM? Apakah juga dipikirkan soal psikologi warga untuk membeli lebih banyak mobil? Saya pikir tidak," ujar Eka.

Menurut Eka, Pemprov DKI Jakarta baru berpikir sebatas proyek. "Baru proyek yang dipikirkan, belum mengerjakan pekerjaan rumah berupa revitalisasi trayek dan angkutan," ujar Eka. Dia menambahkan, saya pikir Gubernur salah bergaul dalam urusan transportasi.

Dihubungi di Semarang, ahli transportasi dari Universitas Katolik Soegijapranata Djoko Setijowarno mengusulkan Gubernur DKI Jakarta untuk menggelar dialog terbuka untuk membahas proyek enam ruas tol dalam kota.

"Lakukan dialog seperti membahas MRT," ujar Djoko. Dia mengingatkan janji Jokowi pada masa kampanye untuk pro terhadap transportasi massal.    

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com