Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi : Terbuka untuk Membangun Rel ke Pelabuhan

Kompas.com - 12/01/2013, 15:11 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memiliki ide untuk membangun transportasi massal berbasis rel di Jakarta dengan rute ke pelabuhan. Hal itu ia lontarkan setelah mengelilingi Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, menggunakan kapal patroli (KN.P) 348, Sabtu (12/1/2013). Menurut Jokowi, ada potensi besar untuk pembangunan tersebut. Terlebih, pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga mendukung rencana itu sejalan dengan rencana pembangunan Pelabuhan Kali Baru.

"Artinya kami jadi terbuka, ada sebuah potensi besar, terutama transportasi menuju ke pelabuhan itu," kata Jokowi, di pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) di Ancol Timur, Jakarta Utara.

Mantan Wali Kota Surakarta itu mengaku telah membicarakan rencana itu bersama Kemenhub. Khususnya mengenai titik pembangunan rel yang difokuskan untuk menghindari kemacetan. Namun demikian, Jokowi belum dapat menjelaskan detil mengenai ide barunya ini.

"Saya juga tanya ke Pak Wamenhub seperti apa dan semua sudah direncanakan mengenai jalan dari mana menuju ke titik itu agar tidak macet. Semuanya saya pikir sudah direncanakan dengan baik," ujarnya.

Ditemui di lokasi sama, Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Sutantono mengatakan, dalam waktu dekat akan dimulai pembangunan Pelabuhan Kali Baru. Pembangunan itu dimaksudkan untuk menambah kapasitas pelabuhan sampai dengan dua kali lipat.

"Saya kira pelabuhan ini akan sangat penting untuk Jakarta dan Pak Gubernur memiliki concern yang sama untuk mengembangkan pelabuhaan Tanjung Priok," ujarnya.

Berita terkait, baca :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com