Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi "Ajak" Wartawan Cek Ciliwung

Kompas.com - 13/01/2013, 17:06 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah memberikan surat izin usaha perdagangan kepada para pedagang kaki lima dan menghadiri acara senam kesegaran jasmani yang berada di kawasan Melawai, Minggu (13/1/2013), Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengecek kondisi Sungai Ciliwung.

Para wartawan yang menunggu Jokowi di rumah dinasnya segera bergerak sekitar pukul 14.00 saat mobil dinas Jokowi bernopol B 1592 NKR keluar diikuti mobil ajudan gubernur.

Para wartawan yang telah menunggu sejak pagi di Taman Suropati sudah menduga akan ada kegiatan gubernur karena sejak pagi telah terparkir truk satpol PP yang berisi beberapa karung beras. Wartawan menduga Jokowi akan meninjau banjir atau kebakaran di Ibu Kota.

Tanpa mengetahui arah mana yang dituju, para wartawan mengikuti mobil Jokowi menuju Jalan Imam Bonjol, lalu belok kanan menuju Jalan Sabang. Seorang wartawan menebak Jokowi hanya akan ke Balaikota DKI karena mobil dinas Jokowi mengarah ke Jalan Kebon Sirih. "Ah, paling ke Balkot nih jangan-jangan. Masuknya lewat DPRD," katanya.

Ternyata, perkiraan itu meleset karena saat berada di lampu lalu lintas Kebon Sirih, mobil dinas Jokowi menuju Stasiun Gambir. Mobil itu terus melaju hingga Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Sesampai di samping Kali Ciliwung yang melintasi Pasar Baru, mobil dinas Jokowi berjalan lebih pelan, diikuti mobil-mobil di belakangnya.

Sekitar tiga menit, mobil Jokowi dan rombongan mengamati pinggir Kali Ciliwung sebelum kemudian mengarah Gedung Kesenian Jakarta dan Lapangan Banteng. Kegiatan Jokowi yang belum jelas arahnya tersebut membuat pewarta kembali berasumsi Jokowi akan kembali ke rumah dinasnya.

"Ya, ini Jokowi kayaknya balik lagi ke rumah dinas," kata seorang wartawan. Benar tebakannya, mobil dinas Jokowi melaju hingga Menteng dan masuk ke rumah dinas di Jalan Taman Suropati Nomor 7, Jakarta Pusat.

Aktivitas yang hanya berkeliling untuk mengecek keadaan tanpa turun dari mobil bukan baru sekali dilakukan Jokowi. Beberapa waktu lalu, Jokowi pernah hanya berkeliling mengecek pagar Pasar Rumput dan mengecek pohon-pohon tumbang di wilayah Ibu Kota.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi bersama Duta Besar Korea Selatan Kim Yeong Seon berencana melakukan kerja sama merestorasi Kali Ciliwung di titik dari Masjid Istiqlal hingga Pasar Baru Jakarta Pusat. "Kami mau konsentrasi ke sana dulu. Kalau itu sudah benar dan mendapatkan respons masyarakat yang bagus, akan kami lanjutkan pada sebuah proyek yang lebih besar," kata Jokowi beberapa waktu lalu.

Jokowi mengaku kagum terhadap sungai-sungai di tengah kota-kota di Korea Selatan karena bersih dan juga dapat digunakan sebagai wisata pada malam harinya.  "Kalau saya lihat di Korea itu kan sungai tengah kota itu bersih semuanya. Saya lihat sendiri, malam hari sungainya bisa dipakai buat jalan-jalan. Mengapa enggak dicontoh. Saya bolak-balik ke sana memang penanganannya bagus," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com