Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengungsi Kampung Pulo Diperkirakan Mencapai 1.000 Jiwa

Kompas.com - 15/01/2013, 18:51 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hujan deras yang melanda Bogor dan Depok menyebabkan muka air di Sungai Ciliwung naik. Bahkan, Selasa pagi, Pintu Air Katulampa berstatus Siaga I. Sejumlah permukiman yang berada di bantaran Ciliwung pun terancam banjir, antara lain di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur.

Lurah Kampung Melayu Bambang Pangestu mengungkapkan, hingga kini tercatat 240 jiwa warga Kampung Pulo yang telah mengungsi. Jumlah itu terdiri dari 60 jiwa berada di Masjid At-Tawabin, sementara sisanya mengungsi di kantor Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur.

"Tapi kan sampai sekarang luapan air masih terus masuk menggenangi rumah warga, jadi diperkirakan akan mencapai 1.000 jiwa yang mengungsi," ujar Bambang kepada wartawan di lokasi banjir, Selasa (15/1/2013) siang.

Sebelumnya, banjir sebenarnya telah melanda warga Kampung Pulo sejak Rabu (9/1/2013) lalu. Namun, air makin tinggi hingga setinggi lutut orang dewasa.

Baru pada Selasa sekitar pukul 10.00 WIB ketinggian air mulai meningkat hingga mencapai leher orang dewasa. Bambang mengaku cukup cemas karena pihaknya mendapat kabar bahwa muka air di Pintu Air Katulampa, Bogor, Jawa Barat, telah berstatus Siaga I.

Ia pun memperkirakan jika ketinggian air di rumah warga kini mencapai 1,5 meter, kondisi itu bisa dua kali lipat jika tambahan air datang. "Kalau untuk sampai jalan raya kemungkinannya kecil, tapi kami akan terus memantau perkembangannya," kata Bambang.

Bambang melanjutkan, berdasarkan laporan terakhir, kondisi pengungsi banjir yang berada di sejumlah posko pengungsian dalam keadaan baik. Pihaknya telah mempersiapkan sejumlah fasilitas yang dapat digunakan pengungsi, yakni tenda, tenaga medis, air bersih, dan makan siang.

Bambang mengimbau kepada warganya agar tak memaksakan diri bertahan di lantai dua rumah masing-masing seperti yang selama ini dilakukan. Ia berharap warga kooperatif untuk mengungsi melihat ketinggian air yang semakin naik.

Berdasarkan pantauan di Gang V, permukiman telah digenangi air mencapai pintu masing-masing rumah warga. Jika ketika banjir biasa, masih tampak aktivitas warga, tidak demikian dengan banjir kali ini. Lorong-lorong gang di Kampung Pulo tampak sepi dari aktivitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com