Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mediasi Pedagang Stasiun Pondok Cina-PT KAI Ditunda

Kompas.com - 15/01/2013, 19:40 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Upaya mediasi antara pedagang di Stasiun Pondok Cina dan PT Kereta Api Indonesia yang diupayakan Polres Kota Depok terpaksa ditunda hingga Jumat (18/1/2013). Alasannya, PT KAI belum memberikan tanggapan atas undangan kepolisian.

"Kami sudah berupaya mengundang PT KAI, janjinya datang setelah Lohor, ternyata tak datang juga," kata Kapolres Kota Depok Komisaris Besar Achmad Kartiko, di Mapolresta Depok, Selasa (15/1/2013).

Menurut Kartiko, upaya membangun dialog harus ditempuh untuk mencegah berulangnya benturan fisik dan gangguan keributan di antara kedua belah pihak. PT KAI yang hendak melakukan penertiban di Stasiun Pondok Cina sejak 3 Januari terpaksa berhadapan dengan para pedagang yang merasa hak-hak mereka dirampas.

"Kami berupaya agar tidak lagi terjadi kegiatan-kegiatan yang merugikan kepentingan umum, seperti pemblokadean rel kereta yang terjadi kemarin," ujar Kartiko.

Lantaran situasi yang mendesak, undangan tersebut disampaikan Kapolres melalui hubungan telepon. Dua panggilan telepon Kapolres mendapat tanggapan dari PT KAI. Namun, panggilan pada siang ini tak ditanggapi lagi oleh perwakilan PT KAI.

Untuk itu, Polres telah mengirimkan surat undangan resmi dan berharap dialog dapat terlaksana pada Jumat mendatang. "Kalau tidak hadir, artinya mereka sama sekali tidak mau dialog atau mencari solusi," kata Nonsen Simanulang, salah seorang pedagang di Stasiun Pondok Cina yang hadir di Mapolres.

Sebagaimana diberitakan, pada Senin para pedagang sempat membuang beberapa perlengkapan dagang ke rel kereta di Stasiun Pondok Cina yang mengakibatkan terhambatnya perjalanan KRL. Penumpang KRL yang merasa terganggu kemudian membantu menormalkan situasi.

Sebelumnya sempat terjadi penyerangan terhadap para pedagang yang dilakukan sekelompok orang tak dikenal. Serangan tersebut menyebabkan tiga pedagang mengalami cedera dan melaporkan penyerangan tersebut ke Polresta Depok.

Acara dialog sebenarnya dijadwalkan akan dimulai pada pukul 11.00 WIB. Kapolres dan jajaran bersama enam perwakilan pedagang serta tujuh mahasiswa Universitas Indonesia telah hadir di ruang pertemuan. Namun, perwakilan PT KAI yang ditunggu hingga pukul 14.00 tak kunjung muncul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com