Minggu, 21 September 2014

News / Megapolitan

Di Rawajati Kalibata Banjir Mencapai 3 Meter

Selasa, 15 Januari 2013 | 20:30 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Luapan Kali Ciliwung telah melampaui ketinggian jembatan Kalibata. Akibatnya, ratusan rumah di empat RW di Kelurahan Rawajati Timur, Pancoran, Jakarta Selatan, terendam air. Ketinggian air mencapai tiga meter.

Roni, warga RT 13 RW 03 Rawajati Timur, yang ditemui Kompas.com di lokasi banjir, Selasa (15/1/2013), mengungkapkan, ketinggian air telah mencapai lantai dua rumahnya. "Artinya sudah lebih dari tiga meter ketinggian air di rumah saya," tambah Roni.

Tohani, warga RT 02 RW 07, menuturkan, air naik sejak jam 12 siang. Ketinggian air sudah melewati jembatan Rawajati selepas Maghrib. Saat ini ketinggian air di atas jembatan mencapai sebetis orang dewasa. Hingga pukul 20.00 WIB air belum menunjukkan tanda-tanda surut.

Menurut Tohani,  ketinggian air saat ini juga telah melampaui lantai 2 rumahnya. Ia memperkirakan ada sekitar empat RW yang saat ini kebanjiran. Karena itu, diperkirakan ratusan rumah tergenang luapan air Kali Ciliwung.

Warga saat ini memenuhi jalan dan kolong flyover Jalan Kalibata Raya. Akibat banjir, dua ruas jalan yang melintasi kolong flyover ditutup sementara karena tidak dapat dilalui. Imbasnya, kemacetan terjadi di jalan yang melintasi flyover dari arah TMP Kalibata.


Penulis: Imanuel More
Editor : Heru Margianto