Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Tuntut Polisi Tindak Premanisme di Kawasan Industri

Kompas.com - 16/01/2013, 13:06 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Para buruh memulai rangkaian aksi unjuk rasa, Rabu (16/1/2013), dengan mendatangi Markas Kepolisian Daerah Metro Jaya sekitar pukul 11.00. Para buruh menuntut pihak kepolisian memberantas aksi-aksi premanisme yang terjadi di kawasan industri.

"Kami menuntut pihak Kepolisian Republik Indonesia menindak tegas aksi-aksi oknum-oknum masyarakat yang pastinya itu adalah para preman yang biasanya beraksi di kawasan industri," kata salah satu orator.

Para buruh juga meminta kepolisian lebih tegas dalam menindak aksi-aksi premanisme, yang bertindak sewenang-wenang terhadap buruh.

"Jangan sampai di kawasan industri dikuasai preman. Kita rindu polisi yang bertindak tegas terhadap preman. Kita mau demo dihadang preman, kemarin kita digebukin preman, polisi cuma menonton," kata pemimpin orasi itu.

Elemen buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia itu rencananya bergerak ke sejumlah titik. Selain di Mapolda Metro Jaya, para buruh juga akan berunjuk rasa di beberapa tempat, seperti di Bundaran HI, Istana Negara, Balaikota DKI Jakarta, Kementerian BUMN, Kementerian ESDM, dan Kemenakertrans.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com