Kamis, 21 Agustus 2014

News / Megapolitan

Jokowi Cek Banjir di Rawajati

Rabu, 16 Januari 2013 | 14:10 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau banjir di Rawajati, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2013). Jokowi bersama rombongan tiba di lokasi banjir sekitar pukul 13.00 WIB.

Jokowi meninjau lokasi banjir dengan menggunakan baju khas Betawi, Sadariah. Seperti biasa, kehadiran Jokowi di suatu tempat pasti menjadi pusat perhatian bagi warga sekitar.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, lokasi Rawajati yang semula masih sepi tiba-tiba menjadi ramai menyambut kedatangan tiba-tiba mantan Wali Kota Solo tersebut. Warga pun berduyun-duyun mendekati Jokowi, mulai dari balita hingga lansia dengan harapan hanya sekadar bertemu atau bertegur sapa dengan Jokowi.

Di lokasi banjir di RT 05 RW 07, genangan air sudah menggenangi hingga paha orang dewasa. Ketua RT 05 Sukatno saat ditemui di lokasi mengatakan, wilayah yang terendam ada 6 RT dengan kedalaman berbeda.

Wakil Camat Pancoran, Johan, mengatakan, dari data sementara yang dilaporkan para Ketua RT di wilayah setempat, sebanyak 2.500-3.000 orang sudah diungsikan dari wilayah Rawajati. Hal tersebut berlangsung sejak siang menjelang sore tadi.

"Yang banjir di Rawajati ada di RW 07, RW 1, RW 03, dan RW 06. Yang paling parah itu di RW 07 dan RW 03," ujar Johan.

Menurutnya, selain wilayah Rawajati, sebanyak 2.500 orang di wilayah Kelurahan Pengadegan, di daerah Kalibata, juga diungsikan akibat permukaan Sungai Ciliwung yang meluap.

Saat ini, berbagai bantuan dari Dinas Sosial, PMI, dan sejumlah pihak lainnya terus diberikan kepada warga berupa kebutuhan pokok dan makanan.

Jokowi berkomunikasi dengan korban pengungsian di lokasi pengungsian dan juga memberikan bantuan kepada korban pengungsian. Jokowi hanya mengecek keadaan banjir dan memberikan bantuan meskipun warga sempat meminta ia langsung menceburkan diri ke air.


Penulis: Kurnia Sari Aziza
Editor : Tri Wahono