Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manggarai Siaga I, Banjir Mengepung Jakarta

Kompas.com - 17/01/2013, 09:10 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyatakan bahwa ketinggian air di pintu air Manggarai ada dalam posisi Siaga I. Pada pukul 07.30 WIB, ketinggian di pintu air tersebut telah mencapai batas tertinggi, yakni 970 sentimeter.

"Hujan deras merata di semua wilayah Jakarta dan sekitarnya. Banjir mengepung Jakarta," kata Sutopo dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (17/1/2013).

Berikut catatan BNPB mengenai tinggi muka air dan status sungai lain pada hari ini di pukul 07.30 WIB: Sungai Angke Hulu 115 sentimeter (Siaga IV), Sungai Pesanggrahan 115 sentimeter (Siaga IV), Sungai Krukut Hulu 140 sentimeter (Siaga IV), Bendung Katulampa 100 sentimeter (Siaga III), pintu air Depok 225 sentimeter (Siaga III), Sungai Cipinang Hulu 130 sentimeter (Siaga IV); Sungai Sunter Hulu 80 sentimeter (Siaga IV), Sungai Karet 720 sentimeter (Siaga 1), Pulogadung 595 sentimeter (Siaga III), Pasar Ikan 175 sentimeter (Siaga III).

Sutopo menyatakan, BMKG melaporkan bahwa terdapat pumpunan atau konvergensi di sebelah barat Jawa sehingga hujan deras merata di Jakarta dan Jawa bagian barat. Saat ini masih terdapat kumpulan awan yang akan masuk wilayah Jakarta sehingga hujan masih akan berlangsung hingga sekitar pukul 11.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com