Senin, 24 November 2014

News / Megapolitan

Musim Hujan

Mendag Tinjau Harga Bahan Pokok di Bogor

Kamis, 17 Januari 2013 | 10:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, pagi hari ini, Kamis (17/1/2013), meninjau perkembangan harga bahan pangan pokok di Pasar Ciawi, Kabupaten Bogor. Kunjungan kali ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi dampak musim penghujan dan banjir yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir ini.

Harga bahan kebutuhan pokok, khususnya cabe merah, cabe rawit, dan bawang merah memang mengalami kenaikan. Hal tersebut terjadi mengingat sebagian besar daerah produsen cabe dan bawang mengalami penurunan produksi sekitar 25 persen akibat musim hujan yang merendam areal perkebunan, ungkapnya dalam siaran pers hari ini.

Dalam kunjungannya, secara umum Mendag menemukan bahwa distribusi pasokan bahan kebutuhan pokok khususnya sayur-mayur ke Pasar Ciawi tidak terpengaruh oleh musim hujan dan banjir karena sekitar 90 persen sumber pasokan berasal dari lokal Ciawi dan daerah lain di Jawa Barat, sementara sisanya dari Jateng dan Jatim yang tidak terlalu terpengaruh oleh dampak banjir.

Lebih lanjut, Mendag menjelaskan perkembangan harga rata-rata bahan kebutuhan pokok di Pasar Ciawi pada minggu ketiga Januari 2013 seperti beras, daging sapi, daging ayam, telur ayam, dan cabe merah keriting relatif lebih rendah dibanding harga rata-rata ibukota Jawa Barat.

Sebagai langkah antisipasi, Pemerintah akan terus melakukan pemantauan harga dan kelancaran distribusi secara intensif melalui langkah koordinasi dengan instansi terkait guna mengantisipasi kekurang an pasokan dan kenaikan harga.


Penulis: Eny Prihtiyani
Editor : Marcus Suprihadi