Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

90.582 Warga DKI Terkena Dampak Banjir

Kompas.com - 17/01/2013, 15:11 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hujan dengan intensitas ringan sampai tinggi memicu terjadinya banjir di 68 lokasi di seluruh Jakarta sepanjang pekan ini. Hal ini juga berdampak pada puluhan ribu warga Jakarta yang terpaksa meninggalkan tempat tinggalnya dan pindah ke pos-pos pengungsian yang relatif lebih aman.

Kepala Bidang Informatika dan Pengendalian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta Edy Junaedi Harahap menjelaskan, sedikitnya 90.582 warga Ibu Kota terkena dampak banjir dalam beberapa hari terakhir. Mereka yang terkena dampak banjir adalah warga yang tempat tinggalnya tergenang air, baik dalam hitungan sentimeter, maupun meter.

Dari jumlah tersebut, kata Edy, terdapat 14.164 warga yang terpaksa mengungsi. Semuanya berasal dari 23.675 kepala keluarga di 186 RW, 475 RT, 39 kelurahan, dan 23 kecamatan.

"Itu hasil perhitungan kami sampai pukul 11.00 WIB. Jumlahnya dinamis, terus bergerak, naik dan turun," kata Edy kepada Kompas.com di Kantor BPBD DKI Jakarta, Kamis (17/1/2013).

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menghadiri rapat koordinasi lintas sektoral bersama Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Kepala BNPB Syamsul Maarif, serta Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan Musliar Kasim. Seusai rapat, Jokowi menyatakan Jakarta dalam posisi tanggap darurat sampai 27 Januari 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com