Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Sudirman-Thamrin Mulai Pulih

Kompas.com - 18/01/2013, 06:53 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com Pascamusibah banjir yang melanda dua jalan protokol di Jakarta, Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin, kini Jumat (18/1/2013) pagi, kawasan itu berangsur-angsur pulih. Genangan yang kian surut membuka jalan bagi aktivitas perekonomian di sana.

Bermula dari Jalan Sudirman, baik yang mengarah ke Senayan maupun yang mengarah ke Bundaran Hotel Indonesia (HI), berdasarkan pantauan Kompas.com pukul 06.00 WIB, telah bebas dari genangan air. Kondisi tersebut pun membuat arus lalu lintas di jalan itu normal.

Tak hanya arus lalu lintas, sejumlah aktivitas yang sejak dilanda banjir hebat, Selasa lalu, bagaikan lumpuh, pagi ini telah mulai bergeliat. Kondisi tersebut paling tampak dari aktivitas pekerja yang berkantor di sepanjang Jalan Sudirman, serta pedagang asongan di sekitar.

Adapun kondisi sedikit berbeda terjadi di Jalan MH Thamrin, baik yang mengarah ke Istana Negara maupun yang mengarah ke Jalan Sudirman. Genangan air dengan ketinggian yang bervariasi 10-40 sentimeter masih tampak di sepanjang ruas jalan tersebut.

Di ujung Jalan MH Thamrin, sebelum Bundaran HI, misalnya, empat lajur yang terdapat di sana tertutup genangan. Hal itu membuat kendaraan bermotor harus mengantre di jalur transjakarta dengan kecepatan minimal. Hasilnya muncul titik macet yang berpotensi mengular.

Genangan serupa tampak di kedua arah Jalan MH Thamrin. Meski demikian, petugas kepolisian yang berada di titik-titik tertentu tampak mempersilakan kendaraan bermotor untuk menggunakan jalan tersebut meski melalui jalur transjakarta.

Hal pembeda seperti hari-hari biasa, volume kendaraan bermotor yang melintas di Jalan Sudirman-Thamrin terpantau tak sepadat hari-hari biasa. Di Jalan Sudirman saja terhitung hanya sekitar 20 mobil setiap satu menit. Hal serupa terjadi di Jalan MH Thamrin.

Namun, yang mengkhawatirkan, cuaca di seputar kawasan Sudirman-Thamrin terpantau mendung disertai hujan berintensitas sedang. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jakarta memperkirakan, Jumat malam masih terjadi hujan di wilayah Jakarta dengan intensitas ringan dan sedang. Jumat siang, BMKG memperkirakan akan turun hujan di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi dengan intensitas sedang dan lebat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com