Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas SAR: Bau Busuk Masih Tercium di "Basement" UOB

Kompas.com - 20/01/2013, 16:06 WIB
Aditya Revianur

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Salah satu petugas penyelamat dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Pemprov DKI Jakarta, Benyamin, mengatakan mencium bau kurang sedap saat berada di Basement 2 Plaza UOB, Jalan Thamrin, yang tergenang air. Benyamin belum dapat memastikan bau kurang sedap tersebut apakah berasal dari jasad manusia atau karena penyebab lainnya.

"Kondisi air masih tinggi di Basement 2. Masih sekitar semeter, tapi di situ baunya busuk bukan main seperti di Basement 1," kata Benyamin di Plaza UOB, Jakarta, Minggu (20/1/2013).

Benyamin menambahkan, di dalam Basement 1 banyak ditemukan mobil yang bodinya penyok. Ada lebih kurang 25 mobil yang dilihatnya di dalam Basement 1 tersebut. Ke-25 mobil itu, terangnya, rusak karena derasnya air yang menghantam bodi mobil.

"Saya harap pihak UOB tidak memindahkan mobil-mobil itu karena akan menyulitkan kerja kami. Biarkan dulu sementara, kalau ada korban lagi nantinya, kami usahakan evakuasi terlebih dahulu," terangnya.

Benyamin menambahkan, suasana di dalam basement gelap. Tidak ada penerangan sedikit pun dan kondisi lantai basement licin. Hal itu menghambat proses pengurasan air di Basement 2 dan 3. Kini pihaknya telah menerjunkan 12 unit pompa air.

Pantauan Kompas.com, saat ini proses penyedotan air di basement Plaza UOB masih berlangsung. Gubernur DKI Jakarta pun pada 11.15 WIB telah mendatangi lokasi untuk mengecek proses tersebut. Sementara tiga ambulans juga bersiaga di teras lobi Plaza UOB menyusul ditemukannya korban tewas pada Sabtu (19/1/2013) kemarin. Bau busuk seperti bangkai masih tercium saat wartawan mengunjungi Basement 1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com