Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Lonjakan Pengungsi di Luar Kalkulasi

Kompas.com - 21/01/2013, 10:59 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memaklumi adanya keterlambatan penanganan pengungsi banjir oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Menurut pria yang akrab disapa Jokowi itu, jumlah pengungsi akibat banjir tahun ini di luar ekspektasi dan kalkulasi Pemprov DKI.

"Ya, kalau kita lihat di lapangan semuanya juga sudah ada posko kesehatannya. Tapi, bahwa ada kekurangan itu memang iya karena lonjakan pengungsi memang di luar kalkulasi kita," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Senin (21/1/2013).

Prediksi awal pengungsi, menurut Jokowi, adalah sekitar 19.000 pengungsi. Namun, yang terjadi saat ini sudah lebih dari 40.000 pengungsi di DKI Jakarta.

"Tapi, kalau ada keluhan, langsung saya perbaiki. Kemarin saya rapatkan memang soal itu, tempat-tempat yang masih ada keluhan, tempat yang masih ada kekurangan ya itu diperbaiki," kata Jokowi.

Seluruh bantuan kepada korban pengungsi banjir, menurutnya, sudah langsung tiba di lokasi dan langsung sampai kepada korban pengungsi banjir. Jokowi pun mengaku apabila ada laporan lokasi mana saja yang belum menerima bantuan, ia langsung sigap untuk mengirimkan bantuan.

"Kalau bantuan, sudahlah, coba dicek. Cek sendiri di Kampung Pulo yang pengungsinya gede seperti apa. Kemarin ada sedikit SMS langsung saya drop kok. Kemarin di Grogol, saya dapat SMS, 'Pak kita belum dapat bantuan,' langsung di-drop, 'Pak, di Penjaringan belum dapat,' langsung di-drop," tutur Jokowi.

Sementara itu, dalam menangani begitu banyaknya pengungsi yang tersebar di lima wilayah DKI Jakarta, Dinas Kesehatan DKI menambah posko kesehatan di tempat-tempat pengungsian. Hingga saat ini, jumlah posko yang didirikan untuk menolong pengungsi berjumlah 128 posko dari awalnya hanya 30 posko. Dengan rincian, 34 posko kesehatan di Jakarta Timur, 34 posko kesehatan di Jakarta Barat, 28 posko kesehatan di Jakarta Selatan, 24 posko kesehatan di Jakarta Utara, dan 8 posko di Jakarta Pusat.

"Selama ada pengungsi, posko kesehatan selalu stand by selama 24 jam. Selama banjir belum surut atau pengungsi belum semua kembali ke rumahnya, posko kesehatan tetap siap siaga," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Dien Emmawati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com