Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi Harian Pegadaian Meningkat

Kompas.com - 21/01/2013, 22:10 WIB
Jumarto Yulianus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai transaksi harian PT Pegadaian Kantor Wilayah IX meningkat 10-15 persen sejak banjir melanda Jakarta. Padahal daerah Jakarta Utara yang menjadi bagian wilayahnya dilanda banjir parah.

Humas PT Pegadaian Kantor Wilayah IX Jakarta 2 Matsani, di Jakarta, Senin (21/1/2013) mengatakan, akumulasi nilai transaksi harian di Kanwil IX meningkat dari hari-hari biasa. Peningkatan terjadi sejak hari Jumat. "Sampai hari ini nilai transaksi hariannya terus meningkat," ujarnya.

Kanwil IX Pegadaian memiliki 59 kantor cabang dan 300 unit pembantu cabang yang tersebar di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara, serta memiliki 1.508.896 nasabah. Omzet pegadaian se-Kanwil IX berkisar Rp 650 miliar sampai Rp 750 miliar per bulan.

Menurut Matsani, ada perbedaan besar antara daerah yang dilanda banjir dan daerah yang tidak dilanda banjir terkait nilai transaksi harian. Di daerah yang dilanda banjir parah, seperti di Jakarta Utara, nilai transaksi harian menurun signifikan. Hal itu karena akses nasabah menuju kantor pegadaian terhambat. Namun, di daerah yang tidak dilanda banjir, transaksi harian justru meningkat tajam. Peningkatan itu, menurut Matsani, karena sebagian besar nasabah di daerah bebas banjir menampung keluarganya yang terkena banjir. Maka, kebutuhan sejumlah keluarga pun meningkat.

 "Peningkatan kebutuhan untuk keperluan sehari-hari itulah yang membuat banyak orang menggadaikan barangnya ke kantor pegadaian," tutur Matsani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com