Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ke-100, Jokowi Sudah Dalami Masalah Jakarta

Kompas.com - 22/01/2013, 13:26 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Masa kepemimpinan Joko Widodo dan wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama, di Jakarta tepat berusia 100 hari. Angka yang disakralkan oleh sebagian orang, terhitung sejak tanggal pelantikan, 15 Oktober 2012, sampai Selasa (22/1/2013).

Pakar Kebijakan publik Universitas Indonesia, Andrinof Chaniago, menilai Jokowi-Basuki sudah mendalami masalah Jakarta dengan baik. Menurut dia, banyak hal yang tak mencuat ke permukaan telah dicuatkan oleh pasangan pemimpin baru Jakarta ini. Contoh paling nyata adalah anggaran yang kini dianggap lebih transparan dan diharapkan efektif sampai tingkat eksekusi.

"Menurut saya, Jokowi dan Ahok (sapaan Basuki) telah mendalami masalah Jakarta. Bahkan, (mereka) mungkin terkejut melihat masalah Jakarta yang banyak ini," kata Andrinof kepada Kompas.com, Selasa siang.

Lebih jauh, Andrinof juga memberikan apresiasi kepada Jokowi-Basuki. Pasalnya, sebagai pasangan pemimpin yang berasal dari luar Jakarta, keduanya dianggap mau dan mampu memahami peliknya mengurus Ibu Kota. Andrinof menilai nuansa perubahan di Jakarta sudah mulai terasa. Bagi dia, pemimpin Jakarta tak cukup hanya meneruskan rencana sebelumnya, tetapi juga harus mampu memberikan perubahan ke arah lebih baik.

"Enggak cukup hanya dengan meneruskan. Perubahan yang dibawa Jokowi sudah mulai terasa, semoga bisa berlanjut di hari-hari ke depan," ujarnya.

Selengkapnya, ikut di Liputan Khusus 100 Hari Jokowi-Basuki

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com