Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampah Banjir Menumpuk, Warga Kota Bambu Marah

Kompas.com - 24/01/2013, 20:11 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Tumpukan sampah di Kota Bambu Utara, Palmerah, Jakarta Barat, menghalangi hampir separuh Jalan KS Tubun. Sampah tersebut berasal dari banjir akibat jebolnya tanggul Kanal Barat beberapa hari lalu.

"Di depan jalan belum ada tindakan pengangkutan sampah. Kemarin sempat ada truk sampah di depan jalan, tapi pengangkutannya tidak dilakukan maksimal. Apalagi, sampah lebih banyak di dalam gang-gang rumah warga," kata Slamet, warga Kota Bambu Utara, Palmerah, Kamis (24/1/2013).

Slamet menambahkan, akibat timbunan sampah itu, kendaraan sulit melintas di jalan tersebut sehingga menimbulkan kemacetan. Selain itu, bau sampah juga mengganggu kesehatan masyarakat sekitar.

Slamet mengatakan, jika sampah-sampah itu belum bisa ditangani dan menyebabkan penyakit, ia bersama warga lain berencana membuang sampah di kantor Kelurahan Kota Bumi Utara. Selain supaya cepat dibersihkan, tindakan ini dilakukan agar pemerintah setempat tidak bertele-tele dalam mengurus sampah di permukiman masyarakat.

"Sudah seminggu sampah ini di pinggir-pinggir jalan dan tidak dibersihkan. Makanya, kami sudah tidak bisa tinggal diam lagi," kata Slamet.

Sementara itu, Kamso selaku Lurah Kota Bambu Utara mengatakan, timnya sudah mencoba membereskan sampah sejak banjir surut. Namun, akses menuju permukiman warga mempersulit mobil pengangkut sampah karena mobil tidak bisa mengangkut dari dalam kawasan permukiman. "Supaya bisa cepat diangkut, kami minta warga keluarkan sampah ke depan jalan," kata Kamso.

Kepala Sie Operasi Penanggulangan Sampah Dinas Kebersihan Jakarta Barat Made Indrayasa mengatakan, sampah tersebut menumpuk karena banjir baru surut pada Selasa (22/1/2013). Oleh karena itu, pengangkutan sampah baru bisa dilaksanakan pada Rabu. Selain itu, lokasi tumpukan sampah di gang-gang sempit dalam permukiman penduduk juga membuat truk-truk pengangkut sampah sulit menjangkaunya.

"Untuk sementara, kami sudah siapkan 10 mobil pikap yang bisa menampung 5 kubik sampah. Satu mobil kecil, mobil pengangkut sampah, bisa bolak-balik dari gang ke jalan besar sekitar 50 kali," kata Made.

Made mengatakan, dengan mengangkut sampah dari dalam gang ke jalan besar menggunakan mobil bak terbuka, sampah tersebut bisa dengan mudah diangkut kembali oleh truk untuk dibuang ke Bantar Gebang. "Sampah-sampah yang di dalam gang dikeluarin dulu ke jalan raya supaya mudah angkut ke truknya," ujarnya.

Ia menyatakan, sampah di Jatipulo akan dikumpulkan di Jalan Semangka. Adapun sampah yang menumpuk di Kota Bambu Utara akan dipindahkan ke Jalan KS Tubun. Pengangkutan ke tempat pembuangan sampah di Bantar Gebang akan dilakukan pada malam hari dengan menggunakan 8 tronton yang bisa memuat sampah sebanyak 25 meter kubik. Menurut Made, sampah yang menutup jalan di tempat-tempat bekas lokasi banjir baru bisa dibersihkan dalam jangka waktu satu minggu. Adapun untuk bersih secara menyeluruh membutuhkan waktu selama satu bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com