Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Area Parkir Baru Stasiun Diharapkan Naikkan Penumpang KRL

Kompas.com - 24/01/2013, 21:38 WIB
Ambrosius Harto Manumoyoso

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com- PT Kereta Api Indonesia segera membangun lahan parkir tiga susun dan terpadu di Stasiun Bekasi. Pembangunan prasarana park and ride yang akan beroperasi 24 jam itu diharapkan menaikkan lebih banyak penumpang kereta rel listrik.

Demikian diutarakan oleh Kepala Stasiun Bekasi Raden Bagus Sucahyo, Kamis (24/1/2013). Pembangunan area parkir tiga susun dimulai tahun ini setelah pembongkaran kios-kios pedagang baru-baru ini.

Menurut Sucahyo, jumlah penumpang KRL yang berangkat dari Stasiun Bekasi setiap hari 15.000 orang. Dengan pembangunan area parkir baru, diharapkan ada kenaikan jumlah penumpang KRL harian menjadi 18.000-21.000 orang.

Lahan parkir yang akan dibangun itu berada di sisi utara dan selatan sehingga mengapit stasiun. Areal di sisi utara bisa menampung kendaraan penumpang yang bermukim di kawasan utara. Areal di sisi selatan untuk penumpang dari kawasan selatan.

Lahan yang dipersiapkan seluas 4.500 meter per segi. Areal parkir diperkirakan mampu menampung 5.000 mobil dan sepeda motor. Kapasitas parkir saat ini tidak sampai 1.000 kendaraan. Sebelum pembongkaran kios-kios, sebagian kawasan stasiun diperuntukkan bagi kepentingan bisnis berupa kios-kios pedagang.

Pembangunan areal parkir tiga susun merupakan salah satu program untuk mendukung target KAI yang berambisi mengangkut 1,2 juta penumpang per hari dengan KRL di Jabodetabek. Pembangunan prasarana baru itu juga sekaligus penataan Stasiun Bekasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com