Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Bandara Beroperasi Satu Jalur Tahun Depan

Kompas.com - 29/01/2013, 16:23 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kelar pembangunannya pada 2013, KA Bandara beroperasi satu jalur tahun depan. Sementara, moda transportasi ini didesain dan dibangun dua jalur. "Yang beroperasi baru yang lewat Tangerang,"kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono pada Selasa (29/1/2013).

Dalam kesempatan peluncuran buku karyanya bertajuk Transportasi dan Investasi- Tantangan dan Perspektif Multidimensi di Toko Buku Gramedia, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Bambang mengatakan 2013 sampai dengan 2014 adalah tahun panen transportasi di Indonesia. Pasalnya, pemerintah mempercepat pembagunan infrastruktur dalam lima tahun terakhir.

Jalur kereta api, kata pria kelahiran Yogyakarta ini, adalah salah satu pusat perhatian pemerintah. Dalam jangka waktu itu, jalur ganda Jakarta-Surabaya makin terwujud. Sementara, jalur KA Bandara adalah salah satu perhatian penting lantaran pemerintah percaya kalau jalur ini mampu mengurangi kepadatan jalan raya yang menjadi akses masyarakat menuju dan dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta selama ini.

Kini, kedua jalur itu memang tengah dalam pengerjaan. Jalur pertama adalah Express Line yang beroperasi pergi pulang dari Manggarai-Tanah Abang - Duri - Angke - Pluit menuju Bandara Soekarno-Hatta sejajar dengan Jalan Tol Bandara.

Kemudian, jalur kedua adalah Commuter Line yang bertrayek pergi pulang dari Manggarai-Tanah Abang-Duri-Grogol-Bojong Indah-Kalideres-Tanah Tinggi menuju Bandara Soekarno-Hatta. Jalur inilah yang menurut Bambang beroperasi mulai 2014. "Selisihnya dengan Express Line sekitar 15-20 menit lebih lambat,"demikian Bambang Susantono.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com